Jumat 20 May 2022 14:42 WIB

Pengamat: Erick Thohir Paling Ideal Dipasangkan dengan Capres Manapun

Pengamat menilai sosok Erick Thohir sangat cocok dipasangkan dengan capres manapun.

Rep: M Nursyamsyi/ Red: Bilal Ramadhan
Menteri BUMN Erick Thohir bersalaman dengan sejumlah peserta saat menghadiri acara Pembekalan Peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022 di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta, Rabu (18/5/2022). Pengamat menilai sosok Erick Thohir sangat cocok dipasangkan dengan capres manapun.
Foto: dok. Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir bersalaman dengan sejumlah peserta saat menghadiri acara Pembekalan Peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022 di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta, Rabu (18/5/2022). Pengamat menilai sosok Erick Thohir sangat cocok dipasangkan dengan capres manapun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Walaupun masih terlalu dini, namun kisah seru pelaksanaan Pemilu 2024 sudah bisa dinikmati saat ini. Sejumlah sosok kunci sudah muncul di berbagai survei. Malah, sudah ada simulasi pasangan mana yang cocok untuk Pilpres 2024.

Pengamat politik dari Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Ahmad Sabiq menyebutkan, salah satu pasangan yang digadang-gadang akan ikut berkontestasi di Pemilu 2024 adalah Prabowo Subianto dan Puan Maharani. Pasangan ini memiliki modal politik yang sangat kuat.

Baca Juga

“Karena dua partai besar yaitu Gerindra dan PDIP bergabung mendukungnya," ujar Ahmad Sabiq, Jumat (20/5/2022).

Namun perlu diingat, ketokohan dan elektabilitas Puan masih belum bisa disandingkan dengan Prabowo yang sudah sangat kuat. Hal ini bisa dilihat dari simulasi yang dilakukan di berbagai survei.

“Hasilnya, kurang lebih sama sama, kurang maksimal. Berbeda jika Prabowo Subianto disandingkan dengan pasangan calon lainnya, suaranya bisa lebih maksimal,” ujar Sabiq.

Menurut dia, hal yang menarik justru nama Erick Thohir, Menteri BUMN itu apabila dipasangkan dengan siapa pun, menjadi sangat ideal, termasuk bagi Prabowo Subianto. Prabowo dengan Gerindra dinilai memiliki modal politik yang sangat kuat. Sedangkan Erick dinilai memiliki kekuatan kapital yang sangat kuat.

“Secara matematis, Erick Thohir memiliki modal kapital sangat kuat. Posisi Erick ini mirip dengan Sandiaga S Uno pada tahun 2019 lalu. Modal kapital yang kuat tersebut membuat Erick Thohir berpotensi dipinang oleh koalisi parpol manapun,” ujar Sabiq.

Sebagai catatan, survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia secara tatap muka pada 11 Februari hingga 21 Februari 2022 misalnya. Menunjukkan dengan simulasi dua atau tiga pasangan capres-cawapres, Erick Thohir selalu menjadi penentu kemenangan.

Hanya saja, kata Ahmad Sabiq, perkembangan calon pasangan capres dan cawapres yang akan mengikuti Pilpres 2024 tetap dinamis. Seperti puzzle, kita masih harus merangkainya dengan sabar dan tekun.

“Dinamika calon pasangan capres dan cawapres ini masih akan terus bergerak hingga pendaftaran resmi ke KPU. Nantinya calon pasangan yang akan diajukan ke KPU sebagai capres dan cawapres juga memiliki pertimbangan yang semakin beragam,” ucap Ahmad Sabiq.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَّقَوْلِهِمْ اِنَّا قَتَلْنَا الْمَسِيْحَ عِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ رَسُوْلَ اللّٰهِۚ وَمَا قَتَلُوْهُ وَمَا صَلَبُوْهُ وَلٰكِنْ شُبِّهَ لَهُمْ ۗوَاِنَّ الَّذِيْنَ اخْتَلَفُوْا فِيْهِ لَفِيْ شَكٍّ مِّنْهُ ۗمَا لَهُمْ بِهٖ مِنْ عِلْمٍ اِلَّا اتِّبَاعَ الظَّنِّ وَمَا قَتَلُوْهُ يَقِيْنًاۢ ۙ
dan (Kami hukum juga) karena ucapan mereka, “Sesungguhnya kami telah membunuh Al-Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah,” padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh adalah) orang yang diserupakan dengan Isa. Sesungguhnya mereka yang berselisih pendapat tentang (pembunuhan) Isa, selalu dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka benar-benar tidak tahu (siapa sebenarnya yang dibunuh itu), melainkan mengikuti persangkaan belaka, jadi mereka tidak yakin telah membunuhnya.

(QS. An-Nisa' ayat 157)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement