Rabu 03 Aug 2022 15:10 WIB

Jokowi Minta Menpora Ajukan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036 di IKN

Presiden Jokowi meminta Menpora Zainudin Amali ajukan diri jadi tuan rumah Olimpiade.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi meminta Menpora Zainudin Amali ajukan diri jadi tuan rumah Olimpiade.
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi meminta Menpora Zainudin Amali ajukan diri jadi tuan rumah Olimpiade.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali agar mengajukan Indonesia sebagai sebagai tuan rumah Olimpiade 2036. Hal ini disampaikan Jokowi saat menerima Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (3/8).

"Sekaligus beliau beberapa waktu yang lalu sudah memberikan arahan kepada saya untuk kita bidding menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, tetapi proposal itu sudah mencantumkan pelaksanaannya ada di IKN," kata Zainudin dalam keterangannya yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Baca Juga

Pemerintah pun akan membangun pusat pelatihan sepak bola atau training center di Ibu Kota Nusantara (IKN). Zainudin menjelaskan, rencananya pemerintah akan membangun berbagai fasilitas olahraga di IKN, baik fasilitas utama maupun fasilitas pendukung secara lengkap.

“Bapak Presiden setelah melihat perkembangan sepak bola nasional makin baik, maka beliau memberikan arahan kepada saya dan Ketua Umum PSSI segera akan membangunkan training camp sepak bola kita, di situ semuanya sudah lengkap, dan akan dilakukan di Ibu Kota Nusantara, ibu kota negara yang baru,” ujar Menpora.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyambut baik gagasan Presiden Jokowi yang ingin membangun pusat pelatihan sepak bola di IKN. Menurutnya hal tersebut telah ditunggu-tunggu masyarakat di Tanah Air.

"Ini yang ditunggu-tunggu oleh publik. Sekali lagi, terima kasih Pak Presiden atas atensi kepada sepak bola dan insyaallah sepak bola Indonesia akan terus baik dan maju," ujar Iriawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement