Kamis 03 Jun 2021 12:24 WIB

Ridwan Kamil Bicara Hubungannya dengan Anies Baswedan

Ridwan Kamil bercerita tentang hubungannya dengan Gubernur DKI Anies Baswedan.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Mas Alamil Huda
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan (kiri), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah), dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat bertemu sebelum pandemi Covid-19.
Foto: Republika/Farah Noersativa
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan (kiri), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah), dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat bertemu sebelum pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, bercerita tentang hubungannya dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, mengaku, ia dan Anies telah berteman lama dan hubungannya sangat terjaga dengan baik.

Menurutnya, jalinan hubungan baik yang sama pun, ia lakukan kepada kepala daerah lain. Kang Emil menggarisbawahi, hal ini tanpa ada kaitan sama sekali dengan Pilpres 2024. Seperti diketahui, baik Kang Emil maupun Anies memiliki elektabilitas atau tingkat keterpilihan di papan atas untuk Pilpres 2024 dalam beberapa hasil survei.

Anies Baswedan sebelumnya diketahui mengucapkan selamat di kolom komentar unggahan akun Instagram @ridwankamil mengenai penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 10 kali berturut-turut untuk Pemprov Jabar dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Kang Emil pun mengapresiasi kinerja berbagai pihak termasuk gubernur sebelumnya, Ahmad Heryawan.

Ucapan itu pun ditanggapi oleh Ridwan Kamil yang sama-sama mengucapkan selamat kepada Anies Baswedan. Saling balas apresiasi itu ditanggapi sebagian besar netizen agar keduanya bisa berpasangan pada Pilpres 2024.

Ridwan Kamil menyebut hubungan antara dirinya dan Anies sangat baik. Keduanya, sudah terbiasa saling mengapresiasi kinerja masing-masing. Namun, memang jarang terekspos.

“Entah kenapa oleh media, saling menyapa hari ini selalu ditafsir selalu ada hubungannya dengan (Pilpres) 2024. Padahal sebelumnya juga sama. Kita WA-an. Pak Anies ulang tahun saya posting,” ujar Kang Emil di Bandung, Kamis (3/6).

“Dengan Pak Ganjar (Gubernur Jawa Tengah), saya main. Saling mengapresiasi kan bagus daripada saling diam atau saling mengkritisi tanpa kejelasan. Budaya saling menguatkan sesama pemimpin harus dibangun,” tambah Kang Emil.

Menurut dia, budaya saling menguatkan antarpemimpin bisa berpengaruh positif terhadap masyarakat yang psikologisnya saat ini cenderung mudah bertengkar. Selain itu, menurut Kang Emil, banyak kepala daerah, khususnya gubernur, seperti Anies maupun Ganjar datang satu generasi yang sama dengan dirinya. Ini diakui berpengaruh pada hubungan komunikasi yang mudah terjalin.

“Kami datang sama-sama dari satu generasi, tupoksinya kebetulan sama /ngurus/ daerah, sama-sama gubernur, 50 persen Pak Anies, 50 persen Pak Ganjar, itulah cinta saya kepada beliau-beliau,” katanya.

Berkaitan dengan Pilpres 2024, Kang Emil mendoakan siapapun yang dipercaya maju dan terpilih agar bisa melaksanakan amanah dengan baik. “Saya mendoakan siapapun yang ditakdirkan mendapatkan sebuah amanah di masa depan, saya akan bahagia sekali karena datang dari generasi yang sama,” katanya.

Sebelumnya, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil saling mengucapkan selamat di kolom komentar unggahan akun Instagram @ridwankamil. Walaupun hanya saling mengucap selamat, hal ini ditanggapi oleh para netizen sebagai harapan untuk bisa berpasangan pada Pilpres 2024.

Dalam postingan tersebut, Emil menyatakan, Jawa Barat tengah bersyukur karena meraih penghargaan tertinggi WTP dari BPK RI. Opini atas laporan keuangan daerah tersebut merupakan yang ke-10 kali, secara berturut-turut untuk Jawa Barat.

Di kolom komentar, Anies Baswedan melalui akun @aniesbaswedan, kemudian mengucapkan selamat, "Selamat, Kang!". Walaupun singkat, komentar ini mendapat 1.284 likes dan ratusan komentar lanjutan dari netizen.

Emil kemudian mengucapkan hal serupa kepada Anies Baswedan karena DKI Jakarta telah mendapat 4 kali WTP. "@aniesbaswedan selamat juga untuk DKI Mas Anies. Mari saling menguatkan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement