Jumat 01 Oct 2021 09:30 WIB

Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Meskipun diselenggarakan di tengah pandemi, upacara tetap berlangsung khidmat.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ilham Tirta
Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara dalam upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya Jakarta, Jakarta Timur, Jumat (1/10). Upacara berlangsung tepat pukul 08:00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Presiden Jokowi yang mengenakan jas biru tua masuk ke panggung upacara didampingi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Upacara ini hanya dihadiri oleh tamu terbatas dan pejabat yang bertugas. Pejabat lainnya mengikutinya secara virtual. Para peserta upacara melakukan jaga jarak serta mengenakan masker.

Dalam upacara ini, Ketua DPD, La Nyalla Mattalitti bertugas membacakan teks Pancasila. Sedangkan, naskah Undang-Undang Dasar Negara RI 1945 dibacakan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Pembacaan dan penandatanganan ikrar dilakukan oleh Ketua DPR Puan Maharani. Meskipun diselenggarakan di tengah pandemi, upacara tetap berlangsung khidmat.

Rangkaian upacara kemudian ditutup dengan doa yang dibawakan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Usai melaksanakan upacara, Presiden Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin kemudian meninjau sumur dan sejumlah bangunan bersejarah lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement