Kamis 20 Jan 2022 19:55 WIB

Wapres Minta Jabodetabek Antisipasi Penyebaran Omicron

Saat ini telah terjadi peningkatan penyebaran varian Omicron Covid-19 di Indonesia.

Red: Andi Nur Aminah
Wakil Presiden Maruf Amin.
Foto: Dok. BPMI/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta masyarakat di wilayah Jabodetabek meningkatkan antisipasi terhadap penyebaran varian omicron. Ini karena, saat ini telah terjadi peningkatan penyebaran varian omicron Covid-19 di Indonesia, khususnya di wilayah Jakarta.

Wapres menilai, perlunya antisipasi dari seluruh provinsi di Indonesia, salah satunya Banten, yang beberapa kabupaten dan kotanya terhubung dengan wilayah Jabodetabek.

Baca Juga

"Karena omicron itu sudah mulai meningkat khususnya di daerah Jabodetabek, dan Banten ini beberapa kabupaten/kotanya tersambung terutama Tangerang Raya, maka saya minta antisipasi," ujar Wapres di sela kunjungan kerja ke Serang, Banten, Kamis (20/1/2022).

Wapres mengatakan, antisipasi dilakukan dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan di masyarakat dan mempercepat pelaksanaan vaksinasi. Selain penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi, ia juga meminta agar penerapan PeduliLindungi di daerah-daerah yang terjadi mobilitas terus ditingkatkan.

Wapres mengingatkan, jangan sampai terjadi lonjakan varian Omicron di Indonesia seperti di beberapa negara saat ini. Sebab, kata Wapres, jika kasus Omikron sampai melonjak, akan menyulitkan pelayanan kesehatan di rumah sakit.

"Sehingga kita (harus) mencegah terjadinya penularan itu. Walaupun tidak mematikan, tapi merepotkan pelayanan di RS-nya itu," ujar Wapres.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement