Sabtu 29 Jan 2022 21:20 WIB

Panglima TNI Sambangi KRI Bima Suci

Panglima mencoba langsung mengperasikan kemudi KRI Bima Suci.

Red: Agus raharjo
KRI Bima Suci merupakan kapal latih taruna-taruni TNI Angkatan Laut generasi kedua, pengganti KRI Dewa Ruci yang legendaris.
Foto: Republika/Sapto Andika
KRI Bima Suci merupakan kapal latih taruna-taruni TNI Angkatan Laut generasi kedua, pengganti KRI Dewa Ruci yang legendaris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bersama Ketua Umum Dharma Pertiwi Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati menyambangi KRI Bima Suci yang bersandar di Komando Armada II Surabaya, Jawa Timur. "Jadi begini ya tradisinya, terima kasih," katanya kepada prajurit yang menyambut kedatangannya di atas KRI Bima Suci dipantau dari kanal YouTube di Jakarta, Sabtu (29/1/2022).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Panglima TNI didampingi Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. Panglima melihat lebih dekat sejumlah fasilitas serta perlengkapan yang dimiliki kapal buatan Spanyol itu.

Baca Juga

Kepada Komandan KRI Bima Suci, Letnan Kolonel (Letkol) Laut (P) Waluyo, Panglima menanyakan langsung kegunaan serta cara kerja alat-alat yang ada di kapal tersebut. Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) tersebut juga berkesempatan mencoba mengoperasikan kemudi KRI Bima Suci.

"Ini hebat sekali karena sudah menggunakan teknologi," puji Panglima TNI saat mencoba kemudi kapal.

Sementara itu, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan ada kode warna khusus yang digunakan oleh prajurit jika ingin mengubah arah kapal saat berlayar. "Halo, saya di sini KRI Bima Suci, kalau kita berpapasan maka akan ada yang memberi kode merah-merah atau hijau-hijau," kata KSAL mencontohkan.

Panglima TNI menyempatkan diri melihat langsung ruangan atau kelas belajar yang biasa digunakan oleh para taruna. Selain itu, ruangan itu digunakan sebagai tempat makan taruna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement