Senin 14 Feb 2022 19:46 WIB

Menkes: Vaksinasi Salah Satu Upaya Cegah Kematian Akibat Covid-19

Vaksinasi telah terbukti secara ilmiah mampu mengurangi risiko kematian akibat Covid.

Red: Andri Saubani
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, vaksinasi mengurangi risiko kematian akibat Covid-19.
Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, vaksinasi mengurangi risiko kematian akibat Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk mencegah risiko kematian akibat Covid-19. Vaksinasi telah terbukti secara ilmiah mampu mengurangi risiko kesakitan dan kematian akibat terinfeksi Covid-19.

"Caranya mengurangi fatalitas yaitu vaksin cepat-cepat," ujar Menkes Budi dalam konferensi pers terkait hasil Ratas PPKM yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin (14/2/2022).

Baca Juga

Oleh karena itu, ia mengharapkan, semua masyarakat yang belum divaksinasi Covid-19, terutama lanjut usia dan yang mempunyai komorbid (penyakit penyerta) yang terkendali untuk segera mendapatkan vaksinasi lengkap dan penguat (booster). Ia mengatakan, vaksinasi lengkap dua dosis diperlukan mengingat kasus meninggal akibat Covid-19 saat ini didominasi oleh pasien yang belum divaksinasi atau belum lengkap dua dosis.

Budi mengemukakan, 60 persen kasus kematian akibat Covid-19 dikarenakan belum divaksinasi atau belum divaksinasi lengkap dua dosis. Begitupun yang masuk ICU, 60 persennya juga karena belum vaksinasi atau belum lengkap.

"Jadi Bapak-Ibu tolong bantu saudara-saudara kita agar segera divaksinasi," tuturnya.

Saat ini, disampaikan, baru tujuh provinsi yang angka vaksinasi lengkapnya sudah mencapai 70 persen. Dan baru empat provinsi yang vaksinasi untuk lanjut usianya 70 persen, yaitu Jakarta, Bali, Yogyakarta, dan Kepri (Kepulauan Riau).

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi menyampaikan pasien yang memiliki komorbiditas dan belum mendapat vaksinasi lengkap adalah korban terbesar dari Covid-19. "Data Kemenkes pada periode 21 Januari hingga 8 Februari 2022 menunjukkan dari 487 pasien Covid-19 yang meninggal, 66 persen di antaranya belum divaksinasi lengkap," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah terus berjuang keras untuk mencegah lebih banyak lagi korban yang terjadi, salah satunya dengan mendorong vaksinasi. "Vaksinasi, terutama bagi lansia, orang yang memiliki komorbid, dan anak-anak harus dipercepat dan diperluas," tegasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement