Selasa 19 Jul 2022 11:43 WIB

Jokowi Sambut Kedatangan Presiden Timor Leste di Istana Bogor

Kunjungan kenegaraan Presiden Timor Leste akan berlangsung selama delapan hari.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Timor Leste Jos? Manuel Ramos-Horta saat menerima kunjungan kenegaraan di Istana Kepresidenan Bogor, Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/7/2022).
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Timor Leste Jos? Manuel Ramos-Horta saat menerima kunjungan kenegaraan di Istana Kepresidenan Bogor, Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kedatangan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/7/2022), dalam kunjungan resmi kenegaraan di Indonesia. Tampak Presiden Jokowi mengenakan jas berwarna biru saat menyambut kedatangan Presiden Timor Leste.  

Kedatangan Presiden Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor ini disambut pasukan yang mengenakan pakaian tradisional Indonesia dan juga pasukan berkuda. Acara kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi serta sesi foto bersama dan penandatanganan buku tamu di Ruang Teratai Istana Kepresidenan Bogor. 

Presiden Jokowi dan Presiden Ramos-Horta kemudian melakukan penanaman pohon bersama yakni pohon gaharu di halaman belakang Istana Bogor. Usai penanaman pohon, keduanya menuju veranda belakang Istana Kepresidenan Bogor untuk melakukan pertemuan tatap muka.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Presiden Ramos-Harta beserta para delegasi akan melakukan pertemuan bilateral untuk membahas berbagai penguatan kerja sama kedua negara. Usai pertemuan bilateral, Presiden Jokowi dan Presiden Ramos-Horta akan memberikan pernyataan pers bersama.

Dalam pertemuan bilateral ini, terdapat empat MoU yang akan ditandatangani oleh kedua negara, antara lain di bidang pertanian, pergerakan lintas batas bis, standarisasi dan metereologi, serta kerja sama teknis di bidang perdagangan.

Untuk diketahui, Presiden Timor Leste beserta rombongan telah tiba di Indonesia sejak Senin (18/7). Kunjungan kenegaraan Presiden Timor Leste di Indonesia ini akan berlangsung selama delapan hari.

Tampak hadir dalam acara ini yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Dubes RI untuk Timor Leste Okto Dorinus Manik, serta Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri Santo Darmosumarto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement