Selasa 26 Jul 2022 04:57 WIB

Jokowi dan Iriana Tiba di Beijing

Jokowi tiba di Beijing dalam rangkaian kunjungan ke luar negeri ke tiga negara

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bayu Hermawan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi
Foto: @setkabgoid
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah menempuh penerbangan sekitar 6 jam dan 40 menit, pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi beserta delegasi tiba di Beijing Capital International Airport, Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) pada Senin (25/7) sekitar pukul 21.37 Waktu Setempat (WS).

Dikutip dari siaran pers Istana, setelah pintu pesawat terbuka, Kepala Protokol Negara mempersilakan Presiden dan Ibu Negara turun dari pesawat. Tampak menyambut di bawah tangga pesawat Wakil Menteri Luar Negeri RRT Wu Jiang Hao, Duta Besar LBBP RI Beijing Djauhari Oratmangun beserta Istri, dan Atase Pertahanan Republik Indonesia di Beijing Marsma Bayu Hendra Permana beserta Istri.

Baca Juga

Selanjutnya dengan menggunakan kendaraan yang telah disediakan, Presiden dan Iriana Jokowi menuju Diaoyutai State Guesthouse tempatnya bermalam. Saat tiba di Diaoyutai State Guesthouse, tampak menyambut Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Presiden Jokowi dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri dan Presiden RRT esok hari.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Iriana dalam penerbangan menuju Beijing, RRT, yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Kunjungan Jokowi ke RRT ini merupakan rangkaian dari kunjungan luar negeri ke tiga negara di kawasan Asia Timur. Dua negara lainnya yakni Jepang dan Korea Selatan yang juga merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi.

“Ketiga negara tersebut juga merupakan mitra penting ASEAN dan mitra penting dalam konteks G20,” jelas Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Retno juga menjelaskan, Presiden Jokowi akan bertemu dengan pemimpin dari ketiga negara tersebut untuk membahas sejumlah isu mulai dari isu global hingga kerja sama di sejumlah bidang.

“Berbagai isu dari kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan, infrastruktur, perikanan hingga isu kawasan dan dunia akan dibahas dengan para pemimpin ketiga negara tersebut," ucap Menlu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement