Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

2 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Pertiwi Indonesia: Animo Perempuan Indonesia Gunakan Kebaya Tinggi

Ahad 31 Jul 2022 06:53 WIB

Red: Gita Amanda

Presiden Jokowi bersama Ketua Umum Pertiwi Indonesia Antarina F Amir berbincang mengenai kebaya dan perempuan Indonesia.

Presiden Jokowi bersama Ketua Umum Pertiwi Indonesia Antarina F Amir berbincang mengenai kebaya dan perempuan Indonesia.

Foto: Pertiwi Indonesia
Pertiwi Indonesia berupaya menjadikan kebaya diakui Unesco sebagai budaya Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah kesibukannya sepulang dari lawatan ke berbagai negara, Presiden Jokowi mengundang beberapa komunitas relawan untuk berdialog. Salah satu komunitas perempuan yang diundang adalah Pertiwi Indonesia, dan pertemuan tersebut diselenggarakan pada Jumat (29/7/2022) di Istana Bogor.

Pertiwi Indonesia hadir diwakili oleh Ketua Umum Antarina F Amir, yang berbusana batik tulis karya anak bangsa “Riana Kusuma”. Dalam perbincangan saat melakukan sesi foto, Presiden menanyakan kesiapan Pertiwi Indonesia untuk menyelenggarakan acara berkebaya untuk Perempuan Indonesia jelang hari Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 2022. 

Momentum dialog tersebut merupakan kesempatan Presiden yang secara khusus memberikan perhatian kepada para perempuan Indonesia agar tidak melupakan tradisi budaya bangsa di tengah maraknya budaya asing yang masuk ke berbagai negara secara masif.

Dalam kesempatan tersebut, Antarina juga menjelaskan bahwa animo perempuan Indonesia dalam menggunakan kebaya dan kain nusantara sangat tinggi, terbukti ketika Pertiwi Indonesia bersama PBI menyelenggarakan CFD Berkebaya bulan Juni 2022 lalu, ribuan peserta hadir memenuhi jalur CFD di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Bundaran Hotel Indonesia. Para perempuan yang hadir dalam CFD tersebut menggunakan berbagai jenis kebaya dan kain nusantara yang indah.

Presiden Jokowi juga sangat mendukung langkah Pertiwi Indonesia bersama dengan komunitas pecinta kebaya dan kain nusantara lainnya untuk berupaya agar kebaya dapat diakui oleh UNESCO sebagai kekayaan budaya Indonesia (tak benda). Pertiwi Indonesia juga mengapresiasi dan mendukung pihak-pihak lainnya seperti Kementerian PMK, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam penetapan Hari Kebaya Nasional (HKN) menuju UNESCO. Pertemuan komunitas relawan bersama Presiden Jokowi tersebut kemudian ditutup dengan sesi foto bersama.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile