Rabu 03 Aug 2022 17:52 WIB

Tingkatkan Pariwisata, Sandiaga Uno Dorong Empat Desa Wisata Ikuti Jagoan Wisata Tiket.com

Jagoan Pariwisata untuk berdayakan para pelaku dan penggiat usaha wisata di 4 desa.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Karta Raharja Ucu
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik program Jagoan Pariwisata untuk memberdayakan para pelaku dan penggiat usaha wisata di empat desa wisata Jejaring Desa Wisata (JADESTA). Sandiaga pun mengajak para pelaku usaha wisata untuk memanfaatkan kesempatan yang langka ini untuk meningkatkan usaha di bidang pariwisata.

"Sebagai pelopor OTA di Indonesia, karya anak bangsa, tiket.com, telah memberikan warna baru dan sumbangsih pengalaman terbaik bagi wisatawan dengan membawa industri pariwisata Indonesia naik kelas ke ranah digital sehingga dapat terakses oleh oleh seluruh masyarakat," ujarnya dalam sambutan di konferensi virtual tiket.com, Selasa (2/8/2022).

Sandiaga pun menyatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung tiket.com membuat gebrakan melalui program Jagoan Pariwisata, sebuah inisiatif berwujud lokakarya edukatif dan interaktif bagi para pelaku wisata di Desa Wisata. Sandiaga berharap, program ini akan membantu memberikan solusi nyata bagi isu yang dihadapi oleh para penggiat dan pelaku pariwisata sekaligus memberikan kiat jitu dalam mengoperasikan usaha pariwisata dengan lebih cerdas.

Jagoan Pariwisata adalah program baru dari agen travel dalam jaringan (online travel agent/OTA) tiket.com sebagai salah satu rangkaian kegiatan dan program dalam rangka merayakan sebelas tahun anniversary, tiket.com. Dengan program ini para pelaku usaha wisata  dapat mengembangkan bisnisnya dengan berkesinambungan.

Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com Gaery Undarsa menjelaskan, Jagoan Pariwisata merupakan salah satu upaya tiket.com dalam mendukung inisiatif pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatifbuntuk memberdayakan masyarakat yang adaptif dan berdaya saing. Sehingga, menghasilkan pelaku bisnis lokal yang unggul dalam bidang pariwisata.

"Program ini juga merupakan upaya tiket.com dalam mendorong keberadaan Desa Wisata di Indonesia agar lebih dikenal oleh masyarakat dan menjadi destinasi favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara," ujarnya.

Ia menyebutkan Jagoan Pariwisata akan melaksanakan program mentorship terpadu secara hybrid ke empat Desa Wisata di Indonesia, yaitu pertama Desa Mulyaharja di Bogor, Jawa Barat, kedua Desa Condet di Jakarta Timur, ketiga Desa Kaki Langit Mangunan di Bantul, dan keempat Desa Dewi Sambi yang berada di Yogyakarta. Para pelaku usaha wisata di empat Desa Wisata ini akan berkompetisi, meramu strategi bisnis terbaik untuk dapat memenangkan penghargaan yang terdiri dari empat kategori yang dipertandingkan dalam ajang Jagoan Pariwisata.

Sebelum kompetisi dimulai, tiket.com menyediakan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan yang akan dipandu langsung oleh para karyawan tiket.com yang didukung oleh tim Inspigo selaku mitra penyelenggara program ini. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan solusi dari berbagai isu dan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku usaha lokal, sehingga dapat menjalankan usahanya dengan mengedepankan strategi dan inovasi secara berkelanjutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement