Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

8 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Wamendagri Tegaskan Gerakan 10 Juta Bendera tak Bebani APBD

Sabtu 13 Aug 2022 19:43 WIB

Red: Ani Nursalikah

Wamendagri John Wempi Wetipo. Wamendagri Tegaskan Gerakan 10 Juta Bendera tak Bebani APBD

Wamendagri John Wempi Wetipo. Wamendagri Tegaskan Gerakan 10 Juta Bendera tak Bebani APBD

Foto: Dok Republika
Kemendagri menggagas program 10 juta bendera untuk dibagikan ke daerah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo menegaskan bahwa pelaksanaan program gerakan 10 juta bendera Merah Putih tidak membebankan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kabupaten/kota atau provinsi di Indonesia.

"Tidak ada satu uang pun yang digunakan dari uang rakyat untuk belanja bendera gerakan 10 juta ini," kata John Wempi Wetipo, di Banda Aceh, Sabtu (13/8/2022).

Baca Juga

Hal itu disampaikan Wetipo saat menggelar konferensi pers usai pelaksanaan kegiatan gerakan pembagian 10 juta bendera dalam rangka menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Wetipo mengatakan, selama ini memang banyak masyarakat yang berasumsi bahwa gerakan 10 juta bendera oleh Kemendagri tersebut membebankan anggaran daerah. Padahal tidak sama sekali.

"Jadi jangan punya pikiran bahwa ini seolah-olah menggunakan uang APBD kabupaten/kota yang ada untuk membelanjakan bendera Merah Putih, itu tidak ada," ujarnya.

Wetipo menuturkan, gagasan program 10 juta bendera itu murni dari Kemendagri melalui Direktorat Politik Hukum sebagai upaya memeriahkan hari kemerdekaan ke-77 Indonesia  tahun ini, dan menggelorakan semangat rasa patriotisme.

Karena ini gagasan murni dari Kemendagri, kata Wetipo, maka bendera Merah Putih langsung disalurkan oleh Kemendagri kepada seluruh kabupaten/kota dan provinsi se-Indonesia menyukseskan gerakan yang sama.

"Kita menitipkan, mengirimkan bendera untuk bupati/wali kota agar secara serentak bisa membagikan bendera Merah Putih kepada seluruh rakyat Indonesia," kata Wetipo.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile