Kamis 04 Sep 2014 20:27 WIB

Ahok : Bus TransJakarta Harus Sekelas Mercedes

Rep: c66 / Red: Israr Itah
  Bus Trans Jakarta tengah mengisi bahan bakar gas (BBG)  di Stasiun Pengisian BBG (SPBBG) di Mampang Prapatan, Jakarta, Kamis (16/5).   (Republika/Aditya Pradana Putra)
Bus Trans Jakarta tengah mengisi bahan bakar gas (BBG) di Stasiun Pengisian BBG (SPBBG) di Mampang Prapatan, Jakarta, Kamis (16/5). (Republika/Aditya Pradana Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan bus yang digunakan sebagai armada TransJakarta harus setara dengan Mercedes Benz. Ini disampaikannya setelah terjadi penarikan terhadap 30 armada bus bermerek Yutong.

Penarikan dilakukan setelah terjadinya kebakaran satu unit bus TransJakarta bermerek Yutong yang terjadi di Halte Masjid Agung, Sisingamangaraja, Jakarta Selatan. Setelah ditarik, bus Yutong akan segera digantikan dengan merek Zhongtong. Yutong dan Zhongtong merupakan bus produksi Cina.

"Ya emang mesti ditariklah, kan sudah gak layak. Harusnya kita punya bus harus setara dengan Mercedes Benz dong," ujar Ahok, sapaan akrabnya pada Kamis (4/9).

Ahok mengakui hingga kini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum mampu memiliki bus berkualitas seperti merek yang ia sebutkan. Namun penggantian bus bukan dengan merek terkenal ini, dinilainya lebih baik dibandingkan tidak ada bus yang beroperasi.

Sebelumnya UP TransJakarta mengatakan pelayanan menurun setelah ada penarikan 30 armada bus bermerek Yutong. Penumpukan penumpang terjadi di koridor-koridor, tempat bus gandeng Yutong beroperasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement