Selasa 09 Sep 2014 15:24 WIB

Risma Lebih Setuju Pilkada Langsung

Walikota Surabaya Tri Rismaharani
Foto: Antara
Walikota Surabaya Tri Rismaharani

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan dirinya secara pribadi lebih setuju dengan pemilihan kepala daerah secara langsung oleh rakyat daripada dipilih anggota DPRD. Dengan itu pemimpin akan terdorong untuk mewakili rakyat.

"Secara pribadi saya lebih senang kepala daerah dipilih warga, karena pemimpin akan mewakili rakyat," kata wali kota perempuan pertama di Surabaya itu, Selasa (9/9).

Menurut dia, ada banyak manfaat jika kepala daerah dipilih secara langsung oleh masyarakat. Salah satunya kepala daerah terpilih akan berusaha merealisasikan keinginan warga, bahkan kepala daerah akan lebih rinci mengenai keinginan daerahnya.

"Kalau dipilih langsung, kepala daerah tahu lebih detail aspirasi dan keinginan warganya," kata mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeko) Surabaya itu.

Disinggung soal mahalnya ongkos pemilihan kepala daerah yang diperkirakan lebih mahal dibandingkan jika dikembalikan ke DPRD, ia menilai hal itu tergantung dari sudut mana melihatnya.

"Kalau dilihat dari uang mungkin ya. Tapi jika dilihat dari pelayanan yang akan diberikan kepada warga, saya kira tidak," kata Risma.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement