Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

7 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA
Mozaik

Jejak Kekuasaan Ottoman di Sudan

Ahad 14 Sep 2014 08:45 WIB

Red: operator

Dinasti Turki Utsmani (Ottoman)

pernah menancapkan ke kuasannya di wilayah Afrika Utara, termasuk Sudan. Peme rintahan Ottoman masuk dan menguasai wilayah Sudan setelah penaklukan yang dilakukan oleh Muhammad Ali Pasha. Dinasti ini berkuasa di Sudan pada 1821-1885 M usai berhasil menggulingkan Kerajaan Sinar yang berkuasa lebih dari tiga abad di wilayah Benua Hitam tersebut. Jejak eksistensi Ottoman di Bumi Sudan masih bisa ditelusuri hingga saat ini, antara lain, sebagai berikut:

Sawakin

Kota yang terletak di timur laut Sudan ini merupakan salah satu kota tua yang menjadi lalu lintas utama di kawasan. Berbagai peradaban menempatkan kota ini sebagai tempat singgah yang utama, tak terkecuali bangsa Yunani.Kota ini masuk ke wilayah Hijaz Ottoman pada masa Sultan Salim I. Di bawah Ottoman, kota ini pernah terbengkalai dan terpuruk akibat kebijakan mereka untuk mengadang dominasi dagang Eropa yang memakai kota ini sebagai jalur satu- satunya. Tempat ini juga pernah dijadikan sebagai pangkalan militer saat Ottoman berekspansi ke Yaman.

Qubab al-Atrak

Tempat ini berada di tengah- tengah Kota Khourtum. Situs ini merupakan makam para pemimpin Turki yang berkuasa di Sudan. Salah satunya adalah Ahmad Pasha Abu Wudan, gubernur pertama Ottoman di Sudan. Ia wafat pada 25 Oktober 1884. Di kawasan ini juga banyak terdapat makam orang Mesir dan penduduk lokal.Corak bangunan berupa kubah adalah khas Ottoman yang belum pernah dikenal sebelumnya oleh masyarakat Sudan.

Old Dangola

Kawasan Dangola kuno ini terletak di tepi timur Sungai Nil, sekira 10 km dari Dangola utama. Konon, kawasan ini merupakan ibu kota Kerajaan Kris ten Maqara dan jatuh di tangan Islam pada 1317 M. Di tempat ini masih terdapat sisa-sisa peninggalan Islam, termasuk kubah-kubah kecil makam tentara Ot toman. Di tempat ini pula ada sisa Masjid Dangola Kuno yang terkenal itu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile