Ahad 14 Sep 2014 20:33 WIB

In Picture: Menhut Awali Penanaman Mangrove Seluas 1 Hektar di Kapuk

.

Red: Mohamad Amin Madani

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan melakukan penanaman pohon Mangrove di Kawasan Mangrove Angke Kapuk, Jakarta utara, Ahad (14/09). (dok.Pushumas Kemenhut)

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan melakukan penanaman pohon Mangrove bersama Mahfud MD dan MS Kaban di Kawasan Mangrove Angke Kapuk, Jakarta utara, Ahad (14/09). (dok.Pushumas Kemenhut)

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan memberikan sambutan pada HUT ke-48 KAHMI di Kawasan Angke Kapuk, Jakarta utara, Ahad (14/09). (dok.Pushumas Kemenhut)

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan membuka start Gerak Jalan Sehat HUT ke-48 KAHMI di Kawasan Angke Kapuk, Jakarta utara, Ahad (14/09). (dok.Pushumas Kemenhut)

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengikuti Gerak Jalan Sehat HUT ke-48 KAHMI di Kawasan Angke Kapuk, Jakarta utara, Ahad (14/09). (dok.Pushumas Kemenhut)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menghadiri acara Gerak Jalan Sehat dan Penanaman Mangrove di Kawasan Angke Kapuk, Ahad (14/9).

Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka HUT ke-48 KAHMI dengan tema Bersatu Membangun Masa Depan Indonesia. Gerak Jalan Sehat dan Penanaman Mangrove seluas 1 Ha (20000 batang) diikuti kurang lebih 600 peserta yang datang dari wilayah Jabodetabek dan Banten.

Fungsi fisik mangrove mampu menahan angin dan pencegah abrasi karena memiliki kontur yang elastis. Dari sisi ekologis mangrove berperan dalam mengurangi polusi udara dan pencemaran air serta sebagai tempat pengembangan biota laut. Selain itu dari sisi ekonomis mangrove dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan batik dan tepung.  

Dalam acara ini menhut didampingi Sekjen Kementerian Kehutanan, Hadi Daryanto dan Dirjen BPDASPS, Hilman Nugroho. Beberapa tokoh turut serta melakukan penanaman mangrove diantaranya koordinator presidium KAHMI Mahfud MD, serta mantan menhut MS Kaban.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement