Rabu 17 Sep 2014 21:32 WIB

Jual Produk Bermasalah, Raksasa Retail Australia Diseret ke Pengadilan

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Salah satu supermarket besar di Australia Woolworth diajukan ke meja hijau karena masalah keamanan produk yang dijualnya. Mulai dari penggorengan berkualitas buruk, kursi yang kekuatan bebannya tidak sesuai label, hingga produk pembersih saluran air yang tidak aman.

Komisi Persaingan Usaha dan Perlindungan Konsumen Australia (ACCC) melaporkan Supermarket Woolworths ke Pengadilan Federal atas tuduhan supermarket itu telah gagal melaporkan sejumlah masalah terkait  keamanan produk secara memadai dan lambat untuk melakukan penarikan produk bermasalah tersebut.

"Konsumen berhak mengharapkan produk yang mereka beli dari toko adalah produk yang aman digunakan, oleh karena itu pengecer seharusnya bertindak cepat ketika mengetahui ada produk yang terindentifikasi cacat demi untuk menghindari potensi kerugian lebih lanjut di pihak  konsumen," kata Ketua ACCC Rod Sims, baru-baru ini.

Menurut undang-undang konsumen Australia, Woolworths diwajibkan menuliskan laporan jika mereka menemukan ada potensi cedera serius atau penyakit yang mungkin disebabkan oleh salah satu dari produk mereka. ACCC menuduh Woolworths gagal melakukan kewajiban menuliskan laporan tersebut. Di antara produk yang menjadi sorotan dalam kasus ini adalah 3 jenis produk rumah tangga buatan Woolworth.