Kamis 25 Sep 2014 08:10 WIB

Kota Cirebon Raih Penghargaan Penataan Perumahan dan Permukiman

Rep: Lilis Handayani/ Red: Hazliansyah
Salah satu sudut kota Cirebon (Ilustrasi).
Foto: akumassa.org
Salah satu sudut kota Cirebon (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Kota Cirebon kembali meraih prestasi. Kali ini, kota itu dianugerahi penghargaan Adiupaya Puritama dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera).

Penghargaan di bidang penataan perumahan dan permukiman tersebut diraih Kota Cirebon untuk ketigakalinya secara berturut-turut. Rencananya, Wali Kota Cirebon Ano Sutrisno menerima langsung penghargaan itu di Jakarta, Kamis (25/9) malam.

''Alhamdulillah Kota Cirebon dinyatakan menang dalam penilaian penataan perumahan dan permukiman atau Adiupaya Puritama. Tentu saya sangat bersyukur atas capaian ini,'' kata Ano.

Orang nomor satu di Kota Cirebon itu mengungkapkan, pencapaian prestasi tersebut merupakan hasil kerja keras  semua pihak. Dia berharap prestasi tersebut terus dipertahankan.

Ano menjelaskan, ada sejumlah upaya yang telah dilakukan pihaknya untuk bisa meraih dan mempertahankan Adiupaya Puritama. Di antaranya, konsisten pada komitmen, terutama dalam pengendalian tata ruang dan infrastruktur, serta pemenuhan kebutuhan fasilitas pendukung di perumahan dan permukiman, seperti jalan, drainase, MCK dan ketersediaan air bersih.

Selain itu, melaksanakan beberapa program, seperti misalnya penyediaan 4.000 sambungan baru air untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

''Insya Allah pada 1 Oktober 2014 kami pun akan launching city gas bagi 4.000 MBR juga,'' terang Ano. 

Ano kemudian mengajak seluruh elemen, baik masyarakat maupun Pemerintah Kota Cirebon untuk bersama-sama menjaga dan meningkatkan prestasi yang sudah dicapai. Menurutnya, penghargaan itu harus menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas perumahan dan pemukiman.

Kepala DPUPESDM Kota Cirebon, Yoyon Indrayana menyebutkan,  penghargaan Adiupaya Puritama sebelumnya diraih Kota Cirebon pada  2012 dan 2013 lalu. 

''Ini penghargaan ketiga kalinya secara berturut-turut,'' tandas Yoyon. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement