Kamis 25 Sep 2014 22:44 WIB

16 Taman Rekreasi Raih Penghargaan Toilet Umum Bersih 2014

Toilet bersih dan nyaman tidak harus mewah
Foto: furniturekue.com
Toilet bersih dan nyaman tidak harus mewah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberi penghargaan "Sapta Pesona Toilet Umum Bersih 2014" kepada sejumlah pengelola taman rekreasi buatan.

Penghargaan diberikan untuk memberi apresiasi serta motivasi kepada para pengelola toilet umum di taman rekreasi dalam mewujudkan sadar wisata.  Selain itu juga meningkatkan mutu pelayanan pengelolaan toilet bersih yang ada di taman rekreasi.

"Dengan begitu maka dapat terwujud citra pariwisata Indonesia yang positif di mata Indonesia maupun masyarakat interasional, terutama wisatawan nusantara (wisnus) maupun mancanegara (wisman)," ujar Plt. Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Dadang Rizki Ratman usai pemberian "Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Taman Rekreasi Buatan 2014", Jumat (25/9) siang, di Jakarta.

Penghargaan ini juga diharapkan dapat mendorong masyarakat lebih peduli dalam menggunakan toilet umum dan menjaga kebersihan di taman rekreasi.

"Semoga ketika pengunjung mendapati toilet yang mereka gunakan itu bersih, akan memberi efek dalam kehidupan mereka sehari-hari," kata Dadang.

Kegiatan "Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Taman Rekreasi Buatan 2014" melakukan penilaian terhadap 57 taman rekreasi buatan yang tersebar di 18 Provinsi seluruh tanah air, baik yang dikelola oleh pemerintah ataupun swasta.

Peninjauan dan penilaian dilakukan dewan juri secara marathon mulai 18 Mei hingga 25 Agustus 2014. Penilaian dilakukan dalam tiga kategori, yakni: Kategori Air (Warer Park) yang dikelola Swasta, Kategori Tematik (Theme Park) yang dikelola swasta serta Kategori Air dan Tematik yang dikelola pemerintah.

Naning S Adiwoso selaku Ketua Dewan Juri mengatakan, selama proses penilaian pihaknya masih menemukan taman rekreasi yang tidak memenuhi standar toilet bersih dan higienis. Salah satu contoh adalah minimnya stiker edukasi bagi pengunjung.

"Karena terus terang pengunjung yang datang ke taman rekreasi bermacam-macam. Kadang mereka tidak tahu bagaimana cara menggunakan toilet yang benar dan higienis," kata dia.

Untuk itu kegiatan ini diharapkan dapat mendorong pengelola taman rekreasi terus memperbaiki sarana publik yang mereka miliki.

Dalam penghargaan kali ini Waterbom Bali keluar sebagai juara umum. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement