Sabtu 04 Oct 2014 21:00 WIB

Di Melbourne, Mobil Pemabuk Dipasangi Kunci Tambahan

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Pemerintah negara bagian Victoria, Australia, mulai menerapkan aturan tambahan untuk mengurangi kecelakaan lalu-lintas akibat ulah pengemudi yang mabuk. Selain mencabut SIM pengemudi seperti itu, kini mobil mereka akan dipasangi kunci tambahan yang dihubungkan dengan alat penguji kandungan alkohol.

Menurut UU yang baru diloloskan Pemerintah Victoria, sekitar 10 ribu kunci tambahan ini akan dipasang di mobil pemabuk di Melbourne dan kota lainnya di negara bagian tersebut. Badan yang menangani urusan kendaraan bermotor VicRoads mengungkapkan, pemasangan kunci tambahan ini terbukti mengurangi pelaku yang mengulangi ulahnya mengendarai mobil sambil mabuk.

Sebelumnya, ketentuan seperti ini hanya berlaku bagi pengendara mobil yang terbukti memiliki kandungan alkohol lebih dari 0,15 persen dalam darahnya. Selain itu, juga berlaku baru pelaku yang mengulangi perbuatannya, serta pengendara berusia di bawah 26 tahun dengan kandungan alkohol lebih dari 0,07 persen dalam darahnya.

Dalam UU baru yang kini berlaku, ketentuan menambah kunci tambahan juga akan diberlakukan bagi semua pengemudi yang terbukti memiliki kandungan alkohol lebih dari 0,07 persen dalam darahnya.