Ahad 05 Oct 2014 07:21 WIB

Peran JK Belum Terlihat

Jokowi JK
Jokowi JK

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pengamat politik Universitas Diponegoro, Semarang, Teguh Yuwono hingga saat ini peran wakil presiden terpilih, Jusuf Kalla dalam upaya menjalin komunikasi politik belum terlihat.

Padahal, JK adalah mantan ketua umum Partai Golkar yang seharusnya bisa lebih luwes melakukan komunikasi politik dengan sesama koleganya. Terutama di Partai Golkar.

"Sebenarnya, peran JK juga sangat besar untuk mendorong dukungan dari Golkar. Harusnya JK bisa, apalagi pernah menjadi Ketua Umum Golkar. Akan tetapi, 'power' JK belum terlihat," kata Teguh.

Ia beranggapan, di enam bulan masa pemerintahan Jokowi-JK akan menghadapi tantangan berat. Sebab, dominasi Koalisi Merah Putih dinilai cukup solid dan bisa mengganjal di kemudian hari.

Terlebih lagi tantangan memperjuangkan dua peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) terkait pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan dibahas DPR bukan perkara mudah.

Diyakininya, persoalan UU Pilkada baru pemanasan bagi Jokowi-JK. Karena itu, perjuangan meloloskan Perppu Pilkada tidak bisa berjalan sukses jika PDI Perjuangan dengan koalisi Indonesia Hebat masih berjuang sendiri.

Dalam menjalin komunikasi politik dengan parpol-parpol lain di luar KIH, kata dia, memang dibutuhkan kekuatan ekstra, yakni kesediaan untuk turun langsung melakukan lobi-lobi politik. Terutama Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

sumber : antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement