Rabu 22 Oct 2014 09:16 WIB

Samai Rekor Messi, Luiz Adriano Bahagia

Luiz Adriano melakukan selebrasi seusai mencetakgol ke gawang BATE, Rabu (22/10) dini hari WIB
Luiz Adriano melakukan selebrasi seusai mencetakgol ke gawang BATE, Rabu (22/10) dini hari WIB

REPUBLIKA.CO.ID, BORISOV--Luiz Adriano menjadi sosok yang paling banyak mengumbar senyum seusai laga Grup H Liga Champions yang mempertemukan BATE Borisov melawan Shakhtar Donetsk di Borisov Arena, Rabu (22/10) dini hari WIB. Maklum saja, striker Shakhtar ini mencetak sejumlah rekor, salah satunya menyamai torehan Lionel Messi sebagai pemain yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan Liga Champions.

Adriano membuka keran golnya pada menit ke-28 lewat tendangan penalti. Ia kemudian membobol gawang BATE pada menit ke-37. Hanya berselang tiga menit, striker Brasil ini mengemas hattrick. Dilanjutkan quattrick empat menit berselang. Pemain berusia 27 tahun ini menutup perolehan golnya pada menit ke-82, kembali lewat titik putih dalam laga yang berakhir dengan kemenangan Shakhtar 7-0.

Berkat gol-gol ini, Adriano bersanding dengan Messi dalam catatan rekor Liga Champions. Messi menjadi pemain pertama yang mampu mencetak lima gol dalam satu pertandingan LIga Champions. Ia membukukannya pada 13 Maret 2012, saat Barca mempermalukan Bayer Leverkusen 7-1 di Camp Nou pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions musim 2011/2012.

"Saya bahagia telah mencetak lima gol dan tahu saya pemain terbaik laga ini. Saya ingin berterima kasih kepada rekan satu tim saya karena membantu saya mencetak gol-gol itu dan bermain sangat baik malam ini," kata Adriano dikutip laman resmi UEFA, Rabu.

Ia gembira dapat mencetak lima gol dalam satu pertandingan. Ia mengaku semuanya terasa indah dan spesial untuknya karena mampu mengemas lima gol.

"Mencetak hattrick dalam satu pertandingan itu fantastis. Sedangkan membukukan lima gol itu dahsyat. Sekarang saya bisa mengatakan bahwa saya telah mencetak lima gol dalam satu pertandingan di Liga Champions," kata dia.

Adriano bukan saja menyamai rekor Messi. Dia juga mencetak rekor pribadi yang baru kali ini tercipta. Pemain kelahiran Porto Allegre ini menjadi pemain pertama yang mengemas empat gol dalam satu babak dalam Liga Champions. Ia melakukannya dalam interval singkat yakni 16 menit. Tiga gol yang tercipta berurutan pada menit ke-37 hingga 44 itu pun didapuk sebagai trigol tercepat.

Biodata

Nama: Luiz Adriano de Souza da Silva

Lahir: Porto Alegre, 12 April 1987 

Tinggi: 183 cm

Posisi Striker

Karier Klub: 

Internacional 2006-2007

Shakhtar Donetsk 2007-sekarang

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement