Sabtu 01 Nov 2014 19:17 WIB

Bank Dunia Kucurkan Dana Rekonstruksi Gaza

Red: Winda Destiana Putri
Wilayah Jalur Gaza dibombardir militer Israel.
Foto: Reuters
Wilayah Jalur Gaza dibombardir militer Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Direktur Eksekutif Grup Bank Dunia menyetujui dan mendorong program bantuan strategi dua tahun untuk kawasan Palestian yang berfokus mendukung pembangunan termasuk paket dana 62 juta dolar AS untuk rekonstruksi Gaza.

"Strategi ini akan menyeimbangkan stabilisasi jangka pendek dan aktivitas rekonstruksi Gaza dengan operasi dan analisis yang mempromosikan pertumbuhan berkelanjutan," kata Wakil Presiden Regional Bank Dunia untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, Inger Andersen, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (1/11).

Meski terdapat tantangan, menurut Inger Andersen, Bank Dunia tetap berkomitmen untuk berkontribusi terhadap upaya masyarakat Palestina meletakkan dasar dari negara mereka di masa mendatang.

Bank Dunia, ujar dia, juga tertarik untuk mengembangkan kesempatan jangka panjang dalam mengembangkan semangat kewirausahaan Palestina yang dinilai merupakan mesin pertumbuhan. Proyek bernilai 62 juta dolar AS itu terdiri atas 42 juta dolar AS untuk dukungan anggaran, serta 21 juta dolar AS yang diarahkan menuju rekonstruksi penting bagi infrastruktur Gaza.