Sabtu 01 Nov 2014 15:40 WIB

Warga Madiun 'Suspect' Ebola Mantan TKI di Liberia

Red: Yudha Manggala P Putra
Ebola
Foto: Reuters
Ebola

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Madiun, Jawa Timur Suyadi, membenarkan ada seorang mantan tenaga kerja Indonesia (TKI) asal daerahnya yang dicurigai terjangkit Ebola.

"Saat ini yang bersangkutan masih menjalani perawatan intensif di RSUD dr Soedono Madiun. Kami terus memantau kasusnya," ungkap Suyadi kepada wartawan.

Berdasarkan penelusuran, pasien bernama Muklis itu bersama 34 TKI lainnya dari berbagai wilayah di Indonesia, bekerja di daerah hutan di Liberia, Afrika. Ia bekerja di Liberia sejak Maret 2014.

Kemudian, pria itu pulang bersama 31 TKI lainnya karena berbagai alasan. Delapan di antaranya berasal dari Kecamatan Pilangkenceng, Mejayan, Gemarang, dan Saradan, Kabupaten Madiun. Namun, hanya Muklis yang mengalami demam tinggi.

Sebelum dipulangkan ke tanah air, pasien mengalami demam dan sempat dikarantina di Liberia selama sepekan. Sepulang ke Indonesia, Muklis juga sempat dikarantina di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, namun hanya sehari dan akhirnya pulang ke Madiun.

Setelah lima hari berada di kampung halamannya, Muklis kembali demam hingga akhirnya dirujuk ke RSUD dr Soedono.

Sedangkan, mantan TKI asal Kabupaten Madiun lainnya yang tidak demam, terus dipantau keadaannya oleh Dinas Kesehatan setempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement