Rabu 05 Nov 2014 14:54 WIB

Gerebek Penampungan TKI Ilegal, Menteri Jokowi ini Nekat Loncat Pagar

Red: Nidia Zuraya
Tenaga Kerja Indonesia (TKI)
Foto: Antara/Ismar
Tenaga Kerja Indonesia (TKI)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Ketenagakerjaan Muh Hanif Dhakiri melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sebuah rumah yang dijadikan  penampungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal yang berada di Jalan Asem Baris Raya, Jalan F Gang Z nomor 24 Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (5/11).

Lokasi penampungan itu tampak  terlihat tertutup rapat. Fiber panjang berwarna biru yang ditambahi kawat berduri  menutupi semua bagian pagar sehingga aktivitas para tenaga kerja di tempat penampungan itu tak dapat dilihat dari luar. Bahkan, di lokasi tersebut, tidak terdapat papan petunjuk tempat penampungan TKI.

Sesampainya di lokasi, Hanif sempat meminta kepada ibu asrama untuk masuk dan meninjau lokasi. Namun, izin itu tak diberikan hingga akhirnya Hanif kesal dan  marah kepada pengurus tempat penampungan milik Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) Elkari Makmur Sentosa.

"Ayo yang ada  di dalam, buka pintunya!  Kalau nggak dibuka saya kan loncat. Nama saya Hanif Dhakiri, saya menteri Tenaga Kerja.  Kalau nggak dibuka PT nya saya tutup nih," kata  Hanif sambil berteriak.