Kamis 13 Nov 2014 16:30 WIB

Korban Wabah Ebola Terus Bertambah

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Indah Wulandari
Seorang relawan mempersiapkan suplai medis untuk dikirimkan ke daerah yang terserang virus Ebola.
Foto: AP Photo/Brennan Linsley/ca
Seorang relawan mempersiapkan suplai medis untuk dikirimkan ke daerah yang terserang virus Ebola.

REPUBLIKA.CO.ID,SIERRA LEONE--Jumlah korban wabah Ebola tembus 5.000 orang. WHO mengatakan total orang yang tewas karena Ebola meningkat jadi 5.160 orang.

Jumlah kasus baru telah menurun di Guinea dan Liberia, namun tetap tinggi di Sierra Leone. Tiga kematian baru dilaporkan di Mali beberapa hari lalu. 

''Penularan cukup sering di Guinea, Liberia dan Sierra Leone. Jumlah kasus juga masih meningkat di Sierra Leone,'' kata WHO dalam laporannya yang dikutip BBC, Kamis (13/11).

Kontributor BBC, Imogen Foulkes mengatakan sumber daya yang diperlukan di Sierra Leone masih kurang. Hanya 19 dari 53 pusat perawatan yang dioperasikan sementara tim pemakaman hanya 140 unit yang telah bekerja dari kebutuhannya yang mencapai 370 unit.

Ahli kesehatan berpendapat jumlah kasus baru lebih penting diperhatikan dari pada angka kematian. Karena ini menunjukkan kecepatan virus menyebar. 

Ebola telah menginfeksi 14 ribu orang, sebagian besar di Afrika tengah. Korban tewas di Liberia sebanyak lebih dari 2.830 orang, sementara di Sierra Leone dan Guinea sebanyak lebih dari 1.100 orang. 

Total korban meninggal di Mali ada empat orang, delapan orang di Nigeria dan satu orang di Amerika Serikat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement