Sabtu 15 Nov 2014 16:51 WIB

Banyak Faktor Sebabkan Harga Elpiji Ikutan Naik

Red: Winda Destiana Putri
Elpiji
Foto: Republika/Prayogi
Elpiji

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- PT Pertamina (Persero) Perwakilan Pemasaran Riau Sumbar menilai terdapat banyak faktor yang menyebabkan harga jual gas elpiji subsidi 3 kilogram menjadi naik atau di atas Rp15.000 per tabung dalam dua bulan terakhir di Kota Pekanbaru.

"Kalau kami melihat lebih objektif yakni banyak yang faktor mendorong situasi dan kondisi seperti sekarang ini seperti akibat kenaikan harga elpiji nonsubsidi 12 kilogram," kata Sales Representatif Domestic Gas Pertamina Riau Sumbar Donny Brilianto di Pekanbaru, Sabtu (15/11).

Walau pengaruhnya tidak terlalu signifikan terhadap migrasi di Kota Pekanbaru, menurut dia, namun pihaknya tetap meyakini telah terjadi pemindahan pemakaian elpiji 12 kilogram menjadi 3 kilogram karena disparitas harga di tengah-tengah masyarakat.

Terjadinya peningkatan jumlah penduduk dari 12 kabupaten/kota di Riau di ibu kota provinsi, ditambah lagi sejumlah daerah dari provinsi tetangga seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jambi dan Pulau Jawa yang terjadi setelah Lebaran 2014, sehingga berdampak meningkatnya kebutuhan bahan bakar gas.