Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

 

3 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Percepat Penyebaran Bibit, Pemerintah Hapus Proses Tender

Senin 17 Nov 2014 07:46 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Petani membawa bibit padi untuk ditanam di persawahan.

Petani membawa bibit padi untuk ditanam di persawahan.

Foto: Republika/Aditya Pradana Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menggenjot swasembada pangan. Untuk mencapai target kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani tiga tahun ke depan, Kementerian Pertanian melakukan akselerasi dengan cara perbaikan irigasi, distribusi bibit, distribusi pupuk, dan pengadaan alat pertanian.

 

Untuk mempercepat penyebaran bibit, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofjan Djalil mengatakan pengadaan bibit akan dilakukan penunjukan langsung agar cepat sampai ke petani. Apabila menggunakan tender, prosesnya memakan waktu lama sehingga dapat menunda musim tanam.

Proses tender biasanya memakan waktu sekitar satu bulan, setelah itu dua bulan kemudian bibit baru turun ke petani."Sebenarnya penunjukkan langsung tidak masalah selama tidak ada korupsi," kata Sofjan.

Sofjan mengatakan, dalam keadaan normal pengadaan barang memang harus tender. Namun dalam keadaan yang mendesak ini proses paling cepat adalah dengan tunjuk langsung.

Dalam waktu dekat mekanisme penunjukkan langsung akan segera dibentuk. Mulai dari penentuan harga yang kompetitif sampai kualitas bibit yang mumpuni.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile