Selasa 18 Nov 2014 17:08 WIB

Forum Zakat: Kenaikan BBM Tantangan Komunitas Zakat Untuk Lebih Baik

Rep: cr02/ Red: Agung Sasongko
Aksi menolak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).
Foto: Antara/Irsan Mulyadi/ca
Aksi menolak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Forum Zakat Ahmad Juwaini mengatakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) akan menjadi tantangan bagi badan zakat di Indonesia untuk memberikan yang lebih baik lagi dalam membantu masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan.

Dampak kenaikan BBM tampaknya akan diikuti oleh tingkat kenaikan masyarakat miskin di Indonesia. Melihat hal tersebut, peran badan zakat dan infaq di Indonesia sangat penting.

Ahmad mengatakan bahwa kenaikan harga BBM tentu akan menambah masyarakat miskin. Namun ia berharap, badan zakat di seluruh Indonesia dapat membantu mengatasi masalah kemiskinan tersebut.

"Kami dari forum zakat akan bekerja sebaik mungkin untuk dapat membantu mereka mengingat dampak yang muncul setelah kenaikan harga BBM hari ini," kata Ahmad  kepada ROL, Selasa (18/11).

Ketika ditanya mengenai kendala yang mungkin akan dirasakan oleh badan zakat, ia mengatakan hal tersebut justru memotivasi mereka untuk bekerja lebih baik lagi. "Kami harus lebih kreatif dan membuat program yang baik untuk membantu mereka mengatasi kebutuhan sehari-hari," ujar Ahmad.

Namun, ia berharap dengan ada bantuan berupa zakat dan infaq tidak membuat masyarakat menjadi konsumtif. Menurutnya, badan zakat dan Infaq di Indonesia dapat melakukan pemberdayaan kepada mereka untuk menjadi masyarakat yang mandiri.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement