Senin 08 Dec 2014 17:45 WIB

Holiganisme Dianggap Mencemaskan di Malaysia

Red: Citra Listya Rini
Pertandingan sepak bola ilustrasi
Foto: polsonyouthsoccer.org
Pertandingan sepak bola ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR  --  Terjadi penyerangan yang dilakukan suporter tuan rumah Malaysia terhadap suporter Vietnam dalam pertandingan semifinal pertama Piala AFF 2014, Ahad (7/12). Peristiwa tersebut terjadi di Stadion Shah Alam, dimana Vietnam menang 2-1 atas Malaysia.

Ketua Persatuan Sepak Bola Vietnam, Nguyen Xuan Gu, menambahkan insiden pada Ahad itu disebabkan oleh beberapa fans pengacau. Mantan wakil ketua Persatuan Sepak Bola Malaysia (FAM) Subahan Kamal mengatakan kerusuhan sepak bola menjadi masalah yang saat ini dikhawatirkan di Malaysia.

"Sejujurnya, holiganisme dan kerusuhan adalah hal yang mencemaskan di Malaysia. Pihak berwenang harus cepat menangani kasus seperti itu," katanya.

Setidaknya satu suporter Vietnam cedera saat bentrokan di akhir pertandingan itu, kata polisi seranga mengatakan bahwa lima oleh telah ditahan. Kejuaraan sepak bola antarbangsa Asia Tenggara itu cukup mendapat perhatian bagi suporter negara-negara peserta.

Pekan lalu Konfederas Sepak Bola Asia (AFC) menjatuhkan sanksi denda 10 ribu dolar AS terhadap FAM karena ulah suporter saat pertandingan persahabatan melawan Filipina Maret lalu.

Bulan September pertandingan Piala Malaysia antara Sarawak dan Perak berakhir rusuh ketika 2.000 suporter Sarawak merusak mobil-mobil dan bentrok dengan polisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement