Senin 08 Dec 2014 19:49 WIB

Batu Akik Asal Bengkulu Dihargai Rp 2 Miliar

Red: Karta Raharja Ucu
Batu akik
Foto: bakulakik.com
Batu akik

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Dalam setahun terakhir batu akik tengah digandrungi masyarakat. Motif dan bentuk batu yang beragam menentukan harga jual batu. Bahkan di Bengkulu ada batu akik yang dihargai Rp 2 miliar.

"Batu akik ini bernama, Pictorial Agate Badar Pemandangan, motifnya berupa pemandangan pantai, dan sudah menang pada kompetisi tingkat nasional," kata pemilik batu akik, sekaligus pelestari batu mulia Indonesia asal Bengkulu, Chandra Nanda Satria, di Bengkulu, Senin (8/12).

Ia mengatakan, batu akik miliknya tersebut, memenangkan kontes Indonesian Gemstone Competition, pada November 2014 lalu. "Batu ini juga sudah diikutkan pada pameran yang digelar di Cina, pada saat gelaran itu, ada yang menawar dengan harga yang cukup tinggi, tetapi belum kami lepas," ucap dia.

Langkanya motif batu tersebut menjadi alasan mengapa Chandra enggan menjual. "Batu motif pemandangan ini dibagi menjadi tiga keping, dua keping sudah dijual dengan harga Rp 250 juta dan Rp 150 juta. Satunya ini, kami simpan untuk kompetisi dan berharga Rp 2 miliar," kata dia.