REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Media sosial diakui telah menjadi arus budaya baru bagi generasi millenial saat ini. Hampir setiap hari, mereka berkutat dengan gawai. Semua yang dahulu dilakukan secara manual atau tatap muka, kini hampir seluruhnya beralih via digital.
Tak ketinggalan, metode berdakwah. Dewasa ini, cukup banyak ustaz dan ustazah yang menyampaikan siraman rohani melalui jaringan media sosial di internet. Medium ini dapat disebut dakwah online atau ngaji digital.
Terkait itu, penulis novel-novel best seller Asma Nadia menyambut baik keberadaan ngaji digital. Tidak hanya dirinya, melainkan juga anak-anaknya.
“Saya termasuk yang menikmati (ngaji digital). Bukan cuma saya, tapi juga anak bungsu saya, Adam. Kita mengikuti ceramah-ceramah ustaz dari media sosial,” ungkap Asma Nadia saat berbincang dengan Republika.co.id, beberapa waktu lalu.
Dia juga mengakui, media sosial telah menyuguhkan beragam wajah-wajah ustaz baru. Mereka pun tampil dengan macam-macam spesialisasi ilmu. Karena itu, imbau Asma Nadia, generasi milenial bisa mengenal lebih jauh agama Islam melalui media sosial.
Apalagi, gaya komunikasi tiap ustaz ada corak khas masing-masing. Misalnya, beberapa ustaz tampil dengan pembawaan yang cenderung serius. Ada pula yang supel, atau bahkan humoris sehingga lebih menarik perhatian bagi kalangan milenial
“Ini menunjukkan (gaya penyampaian) ustaz lebih variatif dan bisa ditawarkan pada generasi millenial. Kita bisa milih yang cocok apa. Kadang-kadang, misal, anak saya ingin belajar satu persoalan. Maka dia ikut Ustaz Khalid Basalamah. Atau, kalau persoalan lain, dia lalu bertanya, 'boleh enggak aku ikut Ustaz Adi Hidayat (UAH)?' Tentu saya bolehkan,” jelas Asma.