Kamis 11 Dec 2014 08:14 WIB

Akuarium Lotte World Bocor, Pemerintah Korsel Tutup Sementara

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Indah Wulandari
Akuarium Lotte World
Foto: blooloop
Akuarium Lotte World

REPUBLIKA.CO.ID,SEOUL—Akuarium Lotte World di selatan Seoul, Korea Selatan mengalami kebocoran. Sehingga pemerintah setempat memutuskan untuk menutup sementara tempat tersebut.

Tim inspeksi pemerintah menemukan setidaknya tiga titik bocor di dalam akuarium. Dari tiga titik, dua di antaranya dilaporkan belum diperbaiki.

''Selain di tangki akuarium utama, kami menemukan dua titik bocor lagi di akurium dimana paus Beluga dipelihara. Kami mencurigai masih ada titik-titik kebocoran lainnya yang belum ditemukan,'' rilis  tim inspeksi seperti dikutip Korea Times, Rabu (10/12).

Sebelumnya, Lotte World sedang disorot publik dan media setelah berani membuka sebagian akuariumnya pada Oktober lalu. Padahal telah mengalami kebocoran satu kali yang belum teratasi.

Tim yang terdiri atas 11 orang perwakilan Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi dan Kementerian Keamanan dan Ketertiban Umum meminta Lotte segera melakukan pengecekan menyeluruh untuk memastikan keselamatan pengunjung.

Publik juga meminta investigasi dilakukan atas substasiun transmisi listrik 154 ribu volt yang terletak persis di bawah akuarium. Sebab jika akuarium bocor, akan terjadi bencana besar.

Tim ahli juga akan diturunkan kembali untuk mengecek akuarium, Kamis (11/12) ini.

“Ini merupakan hal normal jika beberapa kebocoran ditemukan di akuarium baru. Ini bukan hal membahayakan jika diperbaiki dengan tepat,” ujar tim dari Reynolds Polymer Technology yang membangun akuarium ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement