Senin 15 Dec 2014 12:26 WIB

JK: Longsor Banjarnegara Bukan Bencana Nasional

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Mansyur Faqih
Jusuf Kalla
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bencana longsor yang terjadi di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menyebabkan puluhan korban jatuh. Wapres Jusuf Kalla (JK) pun menegaskan pemerintah akan memberikan bantuannya kepada para korban. 

"Tidak ada ukurannya bencana nasional, semuanya juga akan dibantu," kata JK di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Senin (15/12). 

Menurutnya, bencana yang terjadi di Banjarnegara tak termasuk kategori bencana nasional. "Ya itu ada standarnya ada aturannya itu. Ya bencana nasional sama bencana biasa sama saja treatment-nya tidak ada bedanya sama sekali sebenarnya," jelasnya.

JK menegaskan, pemerintah akan tetap memberikan bantuannya terhadap para korban bencana. Menurut dia, bencana ini terjadi akibat masalah lingkungan yang harus diperbaiki. 

"Ini bermacam-macam masalah ekologi yang sudah harus diperbaiki, itu kan karena tanahnya tipis," kata JK.

JK juga menyampaikan rasa prihatinnya terhadap para korban. Bencana tanah longsor terjadi di Dusun Jemblung, Banjarnegara, pada Jumat (12/12). Bencana ini pun menyebabkan sekitar 40 rumah yang dihuni sekitar 300 jiwa tertimbun tanah longsor. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement