Senin 15 Dec 2014 16:14 WIB

Marzuki Alie: Peran Ketum Partai Melenceng karena Ambisi Jadi Presiden

Marzuki Alie
Foto: antara
Marzuki Alie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Politisi Partai Demokrat Marzuki Alie mengatakan sudah sepatutnya peran utama ketua umum partai politik dikembalikan kepada tujuan utamanya yakni mempersiapkan kader-kader terbaik guna menjadi pemimpin masa depan bangsa.

"Saat ini peran ketua umum partai telah melenceng karena banyak yang menginginkan menjadi presiden. Seharusnya peran utamanya untuk membentuk kader dikembalikan," kata Marzuki dalam diskusi bertajuk "Regenerasi Kepemimpinan Partai Politik" yang digelar lembaga riset Cyrus Network, di Jakarta, Senin.

Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat itu mengatakan, kaderisasi dalam partai politik merupakan kunci utama bagi sebuah partai untuk menjadi besar. Kaderisasi itu menurut dia, harus dilakukan ketua umum melalui sistem rekruitmen yang sistematis serta turut menyertakan proses pelatihan.

Marzuki mengakui kaderisasi dalam partainya tidak berjalan dengan baik selama lima tahun terakhir, sehingga suara partainya menurun. Menurut dia, peran dan fungsi ketua umum partai politik harus dipertegas, demi mempersiapkan pemimpin masa depan. Dengan demikian menurut dia, partai bisa mendapatkan hasil terbaik pula.

Dia juga mengimbau agar seluruh partai memberikan kesempatan bagi kader muda untuk berkiprah dalam partai politik. "Jangan demokratis hanya di luar saja, tapi di dalam partai tidak," ujar dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement