Selasa 16 Dec 2014 19:38 WIB

ITJ : Belum Lama Menjabat, Pemerintah Sudah Wacanakan Isu Sensitif bagi Umat

Rep: cr05/ Red: Joko Sadewo
Polemik Kolom Agama EKTP
Polemik Kolom Agama EKTP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Litbang Ormas Islam Indonesia Tanpa JIL (ITJ) Ustaz Akmal menilai pemerintah mulai mewacanakan kebijakan yang sangat sensitif bagi umat Islam.

"Bahkan wacana itu saya nilai aneh sekali. Pemerintahan ini belum lama menjabat, sudah membuat umat Islam kecewa," ujar Ustaz Akmal kepada Republika Online  (ROl), Selasa (16/12).

Semua usaha pemerintah itu, menurutnya, justru memperlihatkan 'niat' untuk meliberalisasi bangsa. Atau didefiniskan melepaskan agama dari masyarakat.

Beberapa wacana kebijakan yang sempat dikeluarkan pemerintah, menurut dia, cenderung sangat liberal. "Kita bukan negara liberal, kita masyarakat yang sangat mementingkan agama," katanya. Pemerintah, lanjut dia, tidak semestinya tidak memunculkan wacana kebijakan yang memicu keresahan umat Muslim.

Diingatkannya, bila masih membuat resah, lambat laun pemerintahakan kehilangan legitimasinya. Ia juga sekaligus sepakat dengan pendapat Wasekjen MUI KH Tengku Zulkarnain, jika simbol-simbol Islam terasa sudah mulai dipreteli.

"Begini, UU perkawinan saja misalnya, itu bukan sekadar simbol tetapi masalah akidah. Soal doa di sekolah juga bukan hanya simbol melainkan lebih dari itu. Maka kalau itu pelan-pelan dihilangkan, pendapat itu ada benarnya," kata dia.

Beberapa wacana kebijakan dimaksud antara lain seperti revisi pasal perkawinan, revisi peraturan pendirian rumah ibadah, penghapusan Kemenag, pengosongan kolom agama di KTP, revisi Tatib berdoa di sekolah negeri dan sebagainya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا جَعَلْنَآ اَصْحٰبَ النَّارِ اِلَّا مَلٰۤىِٕكَةً ۖوَّمَا جَعَلْنَا عِدَّتَهُمْ اِلَّا فِتْنَةً لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْاۙ لِيَسْتَيْقِنَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ وَيَزْدَادَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِيْمَانًا وَّلَا يَرْتَابَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ وَالْمُؤْمِنُوْنَۙ وَلِيَقُوْلَ الَّذِيْنَ فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌ وَّالْكٰفِرُوْنَ مَاذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِهٰذَا مَثَلًاۗ كَذٰلِكَ يُضِلُّ اللّٰهُ مَنْ يَّشَاۤءُ وَيَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُۗ وَمَا يَعْلَمُ جُنُوْدَ رَبِّكَ اِلَّا هُوَۗ وَمَا هِيَ اِلَّا ذِكْرٰى لِلْبَشَرِ ࣖ
Dan yang Kami jadikan penjaga neraka itu hanya dari malaikat; dan Kami menentukan bilangan mereka itu hanya sebagai cobaan bagi orang-orang kafir, agar orang-orang yang diberi kitab menjadi yakin, agar orang yang beriman bertambah imannya, agar orang-orang yang diberi kitab dan orang-orang mukmin itu tidak ragu-ragu; dan agar orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir (berkata), “Apakah yang dikehendaki Allah dengan (bilangan) ini sebagai suatu perumpamaan?” Demikianlah Allah membiarkan sesat orang-orang yang Dia kehendaki dan memberi petunjuk kepada orang-orang yang Dia kehendaki. Dan tidak ada yang mengetahui bala tentara Tuhanmu kecuali Dia sendiri. Dan Saqar itu tidak lain hanyalah peringatan bagi manusia.

(QS. Al-Muddassir ayat 31)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement