Senin 29 Dec 2014 20:47 WIB

Pemerintah Harus Fokus Pada Pencarian Sinyal Pesawat

Rep: Rizkyjaramaya/ Red: Joko Sadewo
  Komandan SAR TNI AL, Laksma Abdul Rasyid menjelaskan peta operasi SAR Air Asia di Lanal Batam, Senin (29/12).  (Antara/Joko Sulistyo)
Komandan SAR TNI AL, Laksma Abdul Rasyid menjelaskan peta operasi SAR Air Asia di Lanal Batam, Senin (29/12). (Antara/Joko Sulistyo)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat penerbangan, Jusman Syafii Djamal meminta agar pemerintah tidak terlalu terburu-buru dalam mengumumkan penemuan serpihan pesawat Air Asia yang jatuh di sekitar perairan Belitung. Menurutnya, pemerintah saat ini lebih baik fokus untuk mencari sinyal atau radar yang berasal dari ELT pesawat naas tersebut.  

"Fokus utama seharusnya pada pencarian sinyal dulu, jangan yang kasat mata," ujar Jusman kepada Republika Online (ROL) , Senin (29/12).

Jamal menambahkan, bantuan pencarian dari negara lain seperti Australia, Amerika, dan Singapura dapat membantu pencarian sinyal. Karena, peralatan yang dimiliki oleh negara-negara tersebut sudah sangat canggih dalam mendeteksi sinyal. Menurut Jusman, apabila memang benar serpihan yang ditemukan adalah milik Air Asia QZ 8501, maka ada kemungkinan pesawat tenggelam ke dasar laut lalu meledak.

"Apabila meledak di udara serpihannya pasti mengambang di atas laut, terutama benda-benda yang bersifat plastik seperti tas," kata Jusman.

Apabila pesawat langsung terjun ke laut, harus diperhatikan juga kedalamannya. Di kedalaman di atas seribu meter, pesawat bisa saja pecah menjadi serpihan. Namun, apabila di kedalaman kurang dari seribu meter, kemungkinan badan pesawat masih utuh. Hanya bagian tertentu saja yang pecah atau patah, misalnya bagian ekor atau sayap.  

ELT dapat mengirimkan sinyal koordinat keberadaan pesawat. Benda ini biasanya akan langsung menyala ketika terkena benturan maupun tenggelam di laut.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
سَمّٰعُوْنَ لِلْكَذِبِ اَكّٰلُوْنَ لِلسُّحْتِۗ فَاِنْ جَاۤءُوْكَ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ اَوْ اَعْرِضْ عَنْهُمْ ۚوَاِنْ تُعْرِضْ عَنْهُمْ فَلَنْ يَّضُرُّوْكَ شَيْـًٔا ۗ وَاِنْ حَكَمْتَ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِالْقِسْطِۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِيْنَ
Mereka sangat suka mendengar berita bohong, banyak memakan (makanan) yang haram. Jika mereka (orang Yahudi) datang kepadamu (Muhammad untuk meminta putusan), maka berilah putusan di antara mereka atau berpalinglah dari mereka, dan jika engkau berpaling dari mereka maka mereka tidak akan membahayakanmu sedikit pun. Tetapi jika engkau memutuskan (perkara mereka), maka putuskanlah dengan adil. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang adil.

(QS. Al-Ma'idah ayat 42)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement