Sabtu 17 Jan 2015 14:26 WIB

Pertempuran di Ukrania Pecah Kembali, Tujuh Tentara Tewas

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Tentara Ukraina berjaga-jaga.
Foto: EPA/Roman Pilipey
Tentara Ukraina berjaga-jaga.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Pertempuran terjadi di Bandara Internasional Donetsk, Ukraina Jumat (16/1).

Dilansir dari reuters perang kembali berkobar setelah perundingan damai untuk mengakhiri konflik di Timur Ukraina gagal.

Pemerintah Ukraina mengatakan enam tentara tewas dan 18 lainnya luka-luka dalam serangan separatis. Seorang tentara tewas ditemukan di bandara. Bandara Intenasional saat ini terlihat tak lagi berfungsi.

Penjagaan pun semakin lemah sejak sembilan bulan konflik terjadi. Sebelumnya bandara lengkap dengan menara kontrol dan bangunan yang luas berfungsi dengan baik. Namun kini landasan tak lagi berfungsi untuk lepas landas pesawat.

Namun lokasi ini menjadi tempat penting bagi kedua kubu utnuk melakukan perundingan damai. Perwakilan Ukraina dan Rusia, pemimpin separatis dan pejabat keamanan Eropa telah menjadwalkan bertemu di Minsk, Belarusia Jumat (16/1).

Perundingan ini sebagai upaya perdamaian dan gencatan senjata. Namun pertemuan tidak menemui titik temu meski dihadiri oleh Presiden Ukraina Petro Poroshenko dan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Pejabat pemberontak Denis Pushilin meninggalkan Minsk. Dia mengatakan belum mengetahui waktu lebih lanjut mengadakan pembicaraan akan dijadwalkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement