Selasa 20 Jan 2015 23:52 WIB

Demi Kemudahan, PT Len Luncurkan Produk Pembaca KTP-el

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
PT Len Industri
Foto: len.co.id
PT Len Industri

REPUBLIKA.CO.ID,Jakarta- PT Len Industri (Persero) meluncurkan produk barunya Pembaca KTP-el (Pembaca Kartu Tanda Penduduk Elektronik). Hal ini berbarengan dengan seminar nasional dengan tema “Peluncuran Produk Pembaca KTP-el PT Len Industri (Persero) untuk Mendukung Peningkatan Pelayanan Publik Melalui Penggunaan KTP-el” di Gedung BPPT, Jl Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (20/1).

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT Len Industri (Persero), Abraham Mose mengatakan dengan peluncuran tersebut, Len kembali membuktikan komitmennya untuk mewujudkan kemandirian teknologi yang berdaya saing untuk kesejahteraan bangsa. "Ini tercipta berkat kerja keras dan dedikasi putra-putra terbaik Indonesia, serta besarnya kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan oleh Pemerintah RI," kata Abraham seperti pers rilis yang diterima Republika.

Len lanjut Abraham sebelumnya telah berpartisipasi dalam membangun sistem KTP elektronik di Indonesia, melalui penyediaan perangkat perekaman KTP elektronik (mobile enrollment) di setiap kecamatan di seluruh pelosok Indonesia. Disebutkan, kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) adalah kartu identitas bagi setiap warga negara Indonesia yang menggunakan teknologi smart card dan biometrik untuk menjamin ketunggalan identitas pemegangnya.

Selain menyimpan data pribadi kependudukan, KTP-el juga menyimpan biometrik pemiliknya yang dapat diverifikasi dengan menggunakan sidik jari. Sedangkan Pembaca KTP-el adalah alat untuk membaca dan memverifikasi data pribadi penduduk yang tersimpan pada chip KTP-el.