Kamis 22 Jan 2015 14:32 WIB
PDIP vs Abraham Samad

Soal Pertemuan Samad dengan Elite PDIP, Ini Bantahan Istana

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Bilal Ramadhan
Abraham Samad
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Abraham Samad

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR-- Pihak Istana membantah pernyataan Plt Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang menyebut Ketua KPK Abraham Samad rutin melakukan pertemuan dengan elit partainya. Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan, secara etika tidak memungkinkan bagi Samad untuk bertemu dengan orang partai.

"Setahu saya itu tidak dimungkinkan. Pak Abraham Samad tidak bergerak sendirian tanpa pengawal-pengawal KPK," ujarnya di Istana Bogor, Kamis (22/1).

Meski demikian, Andi yang pernah menjadi tim sukses Jokowi saat kampanye, membenarkan bahwa nama Samad sempat masuk dalam bursa calon wakil presiden (wapres) yang akan mendampingi Jokowi.

Dia menuturkan, dalam sebuah pertemuan di Jogjakarta pada Februari 2014 lalu, Tim 11 yang dibentuk Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengajukan tujuh nama cawapres Jokowi. Nama Abraham Samad masuk dalam tujuh nama yang diajukan tersebut.

Meski demikian, menurut Andi, Tim 11 kesulitan untuk melakukan pertemuan dengan Samad dalam rangka penjajakan. Sebab, ia adalah pejabat publik yang terikat etika kepemimpinan dan kelembagaan di KPK.

"Kami tidak bisa bertemu, wawancara Pak Abraham Samad. Yang bisa kami lakukan hanya mengandalkan media dan data-data publik yang tersedia," tutur Andi.

Karena alasan itulah, Samad tersingkir dari bursa cawapres Jokowi. Pada akhirnya, Megawati memilih Jusuf Kalla untuk mendampingi Jokowi maju dalam Pilpres 2014. Sebelumnya, Plt Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menuding, penetapan status tersangka oleh KPK pada calon kapolri Komjen Pol Budi Gunawan didasari motif politik.

Samad disebut menaruh dendam lantaran Budi Gunawan adalah orang yang menentangnya untuk menjadi cawapres Jokowi. Karenanya, kini ia balik menjegal langkah Budi yang akan menjadi kapolri. Hasto juga menyebut, Samad intens melakukan pertemuan dengan elit PDIP jelang pemilu. Menurutnya, ada enam kali pertemuan yang sudah dilakukan antara Samad dengan petinggi PDIP.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement