Ahad 01 Feb 2015 08:19 WIB

Wonderkid, Antara Label dan Kenyataan

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Didi Purwadi
Bojan Krkic
Foto: AP
Bojan Krkic

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- "Sebuah kebanggaan dan impian yang jadi nyata. Alasan mengapa saya memilih Real Madrid karena tim ini memiliki kondisi mumpuni, di dalam maupun di luar lapangan. Tujuan saya adalah menjadi pemain terbaik sesegera mungkin."

Itulah rangkaian kata Martin Odegaard dalam keterangan pers di ruang pers Ciudad Real Madrid, beberapa waktu lalu.  Odegaard, bintang muda penuh bakat berusia 16 tahun asal Norwegia, ditransfer Los Blancos dari Stromsgodset dengan nilai transfer yang tak diungkapkan.  

Media lokal Spanyol menyebut angka 3 juta Euro, sementara media lokal Norwegia berspekulasi di angka 4 juta Euro. Terlepas dari spekulasi ihwal kocek yang kudu dirogoh manajemen klub, kepindahan Odegaard ke Madrid, termasuk di luar dugaan. 

Sebab, sepanjang medio Desember 2014, kala musim kompetisi di negerinya vakum, pemuda kelahiran 17 Desember 1998 itu sempat berlatih bersama tim utama klub-klub tenar semisal Liverpool, Bayern Muenchen, Manchester United, Manchester City, Arsenal dan Madrid.