Ahad 01 Feb 2015 23:14 WIB

Rebut Pasar Global, Petani Sawit Disertifikasi

Rep: Satria Kartika Yudha / Red: Ilham

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan akan memulai sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) untuk para petani sawit swadaya. Kabupaten Riau, ditunjuk menjadi projek percontohan sertifikasi petani sawit ini. 

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi, Riau Zulher mengatakan, sertifikasi ini bertujuan agar produksi minyak sawit Indonesia mampu merebut pasar global. Sebab, di pasar global, produk kelapa sawit maupun turunannya harus sesuai dengan prinsip green industry yang termuat dalam materi ISPO. 

"Program ini menjadi bukti komitmen pemerintah di pusat dan daerah untuk memastikan produksi sawit petani swadaya memenuhu standar global," kata Zulher melalui rilis, Ahad (1/2). 

Seperti diketahui, ISPO merupakan suatu kebijakan yang dibuat pemerintah dalam hal ini Kementrian Pertanian dengan tujuan meningkatkan daya saing minyak sawit Indonesia di pasar dunia. ISPO diarahkan untuk mendukung penerapan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan yang memperhatikan faktor sosial, lingkungan dan ekonomi.