Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

9 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Setelah Dua Warganya Dipenggal ISIS, PM Abe Aktifkan Peran Militer

Senin 02 Feb 2015 12:36 WIB

Rep: Gita Amanda/ Red: Indah Wulandari

Shinzo Abe

Shinzo Abe

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO-- Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bakal meningkatkan peran aktif militer negaranya agar lebih mampu menyelamatkan warganya yang terancam di luar negeri.

Kantor berita Reuters melaporkan, pernyataannya itu muncul sehari setelah Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) militan mengatakan, telah memenggal Kenji Goto setelah upaya untuk menyelamatkannya buntu. Kelompok militan juga telah membunuh sandera Jepang lain, Haruna Yukawa seminggu sebelumnya.

Abe, yang telah lama mendorong sistem keamanan yang lebih kuat ingin mencabut undang-undang larangan pertempuran militer tahun ini. Perubahan akan menjadi perubahan kebijakan militer terbesar sejak kekalahan Jepang di Perang Dunia II.

"Menjaga keselamatan warga Jepang adalah tanggung jawab pemerintah, dan saya adalah orang yang paling memegang tanggung jawab itu," kata Abe pada komite parlemen.

Ia menambahkan ingin membahas kerangka kerja untuk menyelamatkan warga Jepang dalam bahaya. Lantaran  Jepang berkomitmen untuk memenuhi tanggung jawabnya sebagai anggota masyarakat global dalam memerangi terorisme. Komitmen tersebut menurutnya diperlukan untuk dapat melindungi warganya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile