Kamis 05 Feb 2015 19:52 WIB

Pemerintah Kota Padang Dorong Pengembangan Pesantren

Sejumlah santri pesantren mengikuti pengajian
Foto: Antara/Rudi Mulya/ca
Sejumlah santri pesantren mengikuti pengajian "Kitab Kuning".

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), terus mendorong pengembangan pendidikan pesantren di daerah itu. Pengembangan tersebut dilakukan sejak tahun 2010,

Hal itu diungkapkan Wali Kota (wako) Padang, Mahyeldi Ansyarullah, saat peletakan Batu pembangunan kantor dan perpustakaan Pesantren Darul Ulum, Air Pacah, Kecamatan Koto Tangah, Kamis.

Menurut Wali Kota, Pemkot Padang merekrut alumni yang pernah kuliah di Timur Tengah untuk membantu mengajar penguasaan bahasa Arab dan ilmu-ilmu lainnya. Ia menyebutkan pesantren di Padang saat ini mulai menjadi pilihan bagi orang tua untuk pendidikan anaknya.

Kecenderungan orang tua tersebut didorong nilai lebih pesantren yang menyediakan pemondokan dan mengawasi pergaulan, di samping pendidikan keagamaan.

"Pendidikan pesantren lebih unggul dari sekolah umum, makanya tidak jarang orang tua memasukkan anaknya ke pesantren," kata dia.

''Hal itu membuktikan sudah ada pergeseran pemahaman para orang tua untuk pendidikan anaknya, sebab siapapun orang tua pasti menginginkan ketenangan bagi anak-anakanya dalam pendidikan,'' jelasnya.

Ia menambahkan di pesantren, para santri tinggal di lingkungan yang lebih terjaga dengan pergaulan yang lebih baik.

"Inilah yang menjadi harapan para orang tua dalam meningkatkan kualitas pendidikan anaknya, sehingga kelak anaknya menjadi orang yang memiliki kebudayaan tinggi dan mampu bersosialisasi dengan baik di masyarakat," ujarnya.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement