Selasa 10 Feb 2015 15:30 WIB

Pemprov Jabar Waspadai Ancaman Banjir di Pantura

 Warga melintasi banjir di kawasan Jalan Daan Mogot, Jakarta, Selasa (10/2).  (Antara/Ismar Patrizki)
Warga melintasi banjir di kawasan Jalan Daan Mogot, Jakarta, Selasa (10/2). (Antara/Ismar Patrizki)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- Pemerintah Provinsi Jawa Barat mewaspadai ancaman banjir yang akan terjadi di sepanjang kawasan pantai utara selama Februari 2015.

"Kalau menurut laporan BPBD bahwa curah hujan yang besar ini ada di pantura. Jadi sekarang kita fokus di sana," kata Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, di Gedung Sate Bandung, Selasa (10/2).

Ia menuturkan, wilayah Jawa Barat masuk dalam kawasan rawan bencana, sehingga diperlukan kewaspadaan dan kesiagaan setiap saat. "Kalau Jabar memang rawan bencana, 'enggak' ada hujan saja bisa kena longsor. Tapi, sementara ini, saya lihat kita harus siaga, karena bulan Februari ini belum selesai," katanya.

Menurut dia, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan konsultasi dengan Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Jabar dan komunitas peduli lingkungan. "Ini sebagai bentuk antisipasi saja," katanya.

Ketika ditanyakan tentang bagaimana penanganan banjir oleh Pemprov Jabar untuk wilayah perbatasan dengan DKI Jakarta seperti Bekasi dan Depok, Deddy menyerahkan hal tersebut kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. "Itu urusannya dengan PU," ujarnya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement