Ahad 15 Feb 2015 13:46 WIB

Tol Gempol-Pandaan Segera Beroperasi Maret Mendatang

Red: Satya Festiani
Pengerjaan Tol Gempol-Pandaan
Foto: bappeda.jatimprov.go.id
Pengerjaan Tol Gempol-Pandaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya, PT Jasamarga Pandaan Tol, optimistis mampu mengoperasikan jalan tol ruas Gempol-Pandaan, Jawa Timur, sepanjang 13,61, pada Maret 2015.

"Fisik sudah selesai 100 persen. Pada 23 Januari sudah ada kunjungan pertama kelaikan dari BPJT. Karena itu, perkiraan kami Maret siap," kata Direktur Teknik, PT Jasamarga Pandaan Tol (JPT), Rahardjo, saat dihubungi, di Jakarta, Ahad (15/2). Namun, pada awal Februari ada sedikit gangguan berupa longsor di dinding pinggir jalan tol pada Km 6+250 hingga 6+450 Gempol-Pandaan karena tingginya curah hujan di kawasan itu.

"Perbaikan sedang dilakukan oleh kontraktor bekerja sama dan koordinasi dengan pihak terkait sehingga dalam waktu dekat ini sudah selesai," katanya.

Ia juga menegaskan, perbaikan itu tidak menimbulkan eskalasi biaya investasi proyek senilai Rp 1,2 triliun karena merupakan bagian dari risiko kontraktor. Selain itu, sesuai dengan rencana bisnis jalan tol tersebut, saat dioperasikan diperkirakan mampu melayani kendaraan dengan rata-rata lalu lintas harian sebanyak 22 ribu unit.

"Tarif sesuai rencana bisnis sebesar Rp 607 per kilometer untuk golongan satu. Soal ini, nanti tunggu keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," katanya.

Proyek Jalan Tol Gempol-Pandaan dicanangkan pada April 2013 dan ditargetkan selesai secara fisik pada Agustus 2014. Namun, karena ada persoalan pembebasan lahan dan perubahan kepemilikan saham perseroan pada Juni 2013, proyek molor hingga awal 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement