Rabu 18 Feb 2015 16:33 WIB

DPR Bakal Pertanyakan Pembatalan Pelantikan BG

Rep: C02/ Red: Ilham
Jokowi
Foto: antara
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar Hukum Tata Negara, Irman Putra Sidin mengatakan, DPR akan mempertanyakan keputusan presiden Joko Widodo yang membatalkan pencalonan Komjen Budi Gunawan. Soalnya, DPR telah meloloskan Budi dalam tes kelayakan melalui sidang paripurna.

“DPR akan ajukan hak menyatakan pendapat ke presiden  Joko Widodo,” kata Irman kepada ROL, Rabu (18/2)

Ia menuturkan, hak mengajukan pendapat layak diajukan karena DPR telah melakukan proses terhadap calon kapolri Budi Gunawan. DPR  telah lakukan fit and proper test, kemudian hasil itu meloloskan Budi Gunawan sebagai Kapolri. Setelah itu DPR melakukan paripurna terhadap Budi Gunawan dan mengeluarkan hasil yang sama.  

Setelah mendapatkan jawaban pasti dari presiden, DPR baru akan membahas tentang pencalonan Komjen Badroddin Haiti sebagai calon Kapolri baru. Menurut dia, proses pencalonan Badrodin Haiti tidak akan semudah Budi Gunawan. “Prosesnya tentu tidak semudah itu,” kata Irman.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِلَّا تَنْصُرُوْهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللّٰهُ اِذْ اَخْرَجَهُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا ثَانِيَ اثْنَيْنِ اِذْ هُمَا فِى الْغَارِ اِذْ يَقُوْلُ لِصَاحِبِهٖ لَا تَحْزَنْ اِنَّ اللّٰهَ مَعَنَاۚ فَاَنْزَلَ اللّٰهُ سَكِيْنَتَهٗ عَلَيْهِ وَاَيَّدَهٗ بِجُنُوْدٍ لَّمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِيْنَ كَفَرُوا السُّفْلٰىۗ وَكَلِمَةُ اللّٰهِ هِيَ الْعُلْيَاۗ وَاللّٰهُ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ
Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Mekah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, “Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.” Maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Muhammad) dan membantu dengan bala tentara (malaikat-malaikat) yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menjadikan seruan orang-orang kafir itu rendah. Dan firman Allah itulah yang tinggi. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.

(QS. At-Taubah ayat 40)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement