Senin 02 Mar 2015 09:57 WIB

Pagi Ini, Bangkai Pesawat Air Asia QZ8501 Diserahkan ke KNKT

Red: Angga Indrawan
 Serpihan pesawat Air Asia QZ8501 disimpan di ruang Disasater Victim Identification (DIV) Polri di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalteng, Kamis (8/1).  (Antara/Prasetyo Utomo)
Serpihan pesawat Air Asia QZ8501 disimpan di ruang Disasater Victim Identification (DIV) Polri di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalteng, Kamis (8/1). (Antara/Prasetyo Utomo)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bangkai pesawat Air Asia QZ8501 yang mengalami musibah akhir tahun lalu, akan diserahkan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Senin (2/3). Rencananya, penyerahan bakal dilakukan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pukul 10.00 WIB.

Bangkai tersebut merupakan bagian badan utama (fuselage) dari pesawat nahas rute Surabaya-Singapura yang jatuh pada akhir tahun 2014.

Basarnas berhasil mengangkat fuselage di Selat Karimata itu pada pukul 16.00 WIB, Jumat (27/2). Pengangkatan dilakukan oleh kapal Crest Onyx kemudian dibawa ke Jakarta.

Berdasarkan pantauan, bangkai pesawat yang telah berada di Pelabuhan Tanjung Priok itu sudah mengalami kerusakan parah kendati terdapat sejumlah penanda sebagai pesawat Air Asia. Nampak juga bagian sayap utama sudah rusak yang menjulang di atas kapal pengangkutnya. Operasi SAR oleh Basarnas secara resmi dihentikan pada 28 Februari 2015.

Hingga hari ini, total jenazah yang sudah ditemukan berjumlah 103 orang dengan 97 sudah teridentifikasi. Tim SAR sempat mengalami kesulitan menemukan fuselage karena di dasar laut lokasi jatuhnya pesawat terdapat sejumlah bangkai kapal yang tenggelam saat Perang Dunia II.

Kapal bekas perang itu milik pasukan sekutu dan Jepang. Beberapa kali tim pencari pesawat terkecoh dengan bangkai kapal perang yang tenggelam di perairan dangkal tersebut.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement