Sabtu 07 Mar 2015 00:52 WIB

Indonesia-India Harus Perkuat Kerjasama Pariwisata

Rep: c70/ Red: Esthi Maharani
Wakil Ketua DPR Fadli Zon.
Foto: Republika/Wihdan H
Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

REPUBLIKA.CO.ID, TANAH DATAR -- Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon bersama Duta Besar (Dubes) India Gurjit Singh ingin meningkatkan persahabatan kedua negara khususnya di bidang pariwisata.

"Kita harus meningkatkan pariwisata kedua negara, sebab orang India yang datang ke Indonesia sudah 250 ribu orang. tapi dari Indonesia yang ke sana baru 50 ribu orang," kata Fadli dalam peresmian Patung Mahatma Gandhi sekaligus mempererat Persahabatan Indonesia-India di Rumah Budaya Fadli Zon di kompleks Aie Angek Cottage, Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar), Kamis (5/3).

Menurutnya, harus ada pertukaran people to people agar kedua negara yang sama-sama pluralisme ini dapat saling menguntungkan. Selama ini, kerjasama yang terjalin antara Indonesia dan India, lebih menguntungkan Indonesia.

"Misalnya di bidang perdagangan, sekarang sudah mencapai nilai Rp 20 miliar dollar AS," ujarnya.

Sementara itu, Duta Besar India Gurjit Singh menyatakan, selama ini Indonesia dan India mempunyai hubungan yang sangat baik. Ia mengatakan, ingin mempererat hubungan kemanusiaan antara kedua negara serta melakukan pertukaran pelajar, guru, dosen dan lain-lain.

"India mendukung kebijakan akses maritim yang digagas Presiden Jokowi (Joko Widodo), kami mendukung semua kebijakannya," jelas Singh.

Ia menambahkan, selama ini, India dan Indonesia tidak pernah mempunyai satu masalah apapun. Maka dari itu, sudah sewajarnya India dan Indonesia saling menjaga satu sama lain. Sebab, menurutnya, Indonesia dan India adalah negara yang sama-sama berkembang dengan populasi yang banyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement