Sabtu 07 Mar 2015 02:34 WIB

Ratusan Hektar Jagung di Sumbawa Barat Puso

Red: Esthi Maharani
Jagung
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Jagung

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Ratusan hektare tanaman jagung di Desa Kokar Lian Kecamatan Poto Tano, Sumbawa Barat, mengalami puso karena kekurangan air.

Kepala Bidang Pertanian Dinas Kehutanan Perkebunan dan Pertanian Sumbawa Barat, Rusdi, memastikan ratusan hektare tanaman jagung tersebut gagal panen.

"Total ada seluas 250 hektare tanaman jagung yang mati dan gagal panen," katanya, Jumat (6/3).

Menurut dia, ratusan hektare tanaman jagung yang mengalami puso itu ditanam pada awal musim hujan. Namun, dalam perjalanannya, ternyata curah hujan sangat minim, sehingga tanaman yang sedang dalam fase berbunga mengalami kekeringan.

"Bencana ini masuk kategori puso karena yang bisa dipanen maksimal hanya 15 persen. Sedangkan untuk jagung yang ditanam sekitar Januari-Februari tetap tumbuh baik," imbuhnya.

Pihak Dishutbuntan, katanya, telah meminta petani untuk melakukan penanaman ulang dengan menyiapkan bantuan bibit untuk lahan seluas 150 hektare dari APBD Sumbawa Barat. Sisanya untuk lahan seluas 100 hektare telah disanggupi oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Rusdi menyatakan penanaman ulang memungkinkan karena berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya curah hujan di akhir musim cenderung lebih tinggi.

"Kita belajar dari pengalaman tahun lalu, sehingga petani optimistis penanaman ulang bisa dilakukan," kata Rusdi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
ثُمَّ اَنْتُمْ هٰٓؤُلَاۤءِ تَقْتُلُوْنَ اَنْفُسَكُمْ وَتُخْرِجُوْنَ فَرِيْقًا مِّنْكُمْ مِّنْ دِيَارِهِمْۖ تَظٰهَرُوْنَ عَلَيْهِمْ بِالْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِۗ وَاِنْ يَّأْتُوْكُمْ اُسٰرٰى تُفٰدُوْهُمْ وَهُوَ مُحَرَّمٌ عَلَيْكُمْ اِخْرَاجُهُمْ ۗ اَفَتُؤْمِنُوْنَ بِبَعْضِ الْكِتٰبِ وَتَكْفُرُوْنَ بِبَعْضٍۚ فَمَا جَزَاۤءُ مَنْ يَّفْعَلُ ذٰلِكَ مِنْكُمْ اِلَّا خِزْيٌ فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۚوَيَوْمَ الْقِيٰمَةِ يُرَدُّوْنَ اِلٰٓى اَشَدِّ الْعَذَابِۗ وَمَا اللّٰهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُوْنَ
Kemudian kamu (Bani Israil) membunuh dirimu (sesamamu), dan mengusir segolongan dari kamu dari kampung halamannya. Kamu saling membantu (menghadapi) mereka dalam kejahatan dan permusuhan. Dan jika mereka datang kepadamu sebagai tawanan, kamu tebus mereka, padahal kamu dilarang mengusir mereka. Apakah kamu beriman kepada sebagian Kitab (Taurat) dan ingkar kepada sebagian (yang lain)? Maka tidak ada balasan (yang pantas) bagi orang yang berbuat demikian di antara kamu selain kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari Kiamat mereka dikembalikan kepada azab yang paling berat. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Baqarah ayat 85)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement